Pesaawat F/A-18 Amerika, Dicat Mirip Su-30 Rusia

Sebuah foto menunjukkan jet tempur Hornet F/A-18C dari Naval Aviation Warfighting Development Center dicat dengan warna yang sama dengan pesawat tempur Rusia.

Foto-foto itu diambil oleh Scramble Magazine pada hari Kamis. Foto itu menunjukkan pesawat AS tengah mengikuti latihan di Naval Air Station Fallon di Nevada. Sebuah postingan Facebook disertai dengan beberapa foto dari pesawat yang dilukis dengan skema abu-abu gelap/hitam Sukhoi Su-30 yang mencolok.

“Pola ini secara khusus mengingatkan dengan pola Su-30 yang dipakai Federasi Rusia – Penerbang Angkatan Laut (AVMF-RF),” tulisan dalam postingan itu seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (8/2/2019).


Postingan itu juga menyertai foto Su-30 milik Rusia yang tengah terbang.

Ini bukan pertama kalinya pesawat AS dilaporkan dicat dengan warna mirip pesawat Rusia untuk mensimulasikan agresor. Sebelumnya pada bulan Januari, komandan Wing 57 Brigadir Jenderal Robert Novotny membenarkan bahwa F-16C ‘Aggressor Squadron’ ke-64 AS yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Nellis di Nevada akan dihiasi dengan pola cat kamuflase pixelated digital gaya Su-57.

Pesawat ‘agresor’ dirancang untuk mensimulasikan secara realistis pertempuran udara melawan kemungkinan calon musuh, dengan perincian lain termasuk taktik, prosedur, tembakan SAM (surface-to-air missile atau rudal permukaan ke udara) musuh yang direplikasi dalam latihan dan berdasarkan data intelijen AS.


Angkatan Udara AS memiliki sejarah panjang melukis pesawatnya agar terlihat seperti jet tempur milik Rusia, China, Iran, dan calon musuh lainnya. AS bahkan terkadang menggunakan MiG-21, MiG-29 dan Su-27 Rusia yang sebenarnya, di pangkalan-pangkalan yang tersebar di Alaska, Nevada, Virginia dan Florida.

Baca Juga:  Jika AS Serang Suriah Lagi, Rusia dan Iran Siap Membalas

Sumber: sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan