Pesanan Indonesia Dibatalkan, Rusia Tawarkan Jatah Su-35 Ke China?

Rumor berkembang Indonesia batal membeli Su-35 dari Rusia. Di saat belum ada bantahan dari pemerintah Indonesia mengenai hal ini, muncul kabar terbaru Rusia menawarkan lagi jet Su-35 kepada China.

Sebelumnya, China telah menerima seluruh 24 unit Su-35 yang dibeli dari Rusia senilai 2,5 miliar dolar AS. Kontrak pembelian disepakati kedua belah pihak pada 2015 silam.

Pada Desember 2016, China menerima pengiriman pertama empat unit Su-35 dari Rusia. Pengiriman 10 unit berikutnya dilaksanakan pada Desember 2017. Sementara pengiriman kelompok terakhir Su-35 diterima China pada April lalu.

“Kami mengharapkan tanggapan dari China atas tawaran kami untuk membeli persenjataan modern dan peralatan militer yang diproduksi di Rusia, termasuk tambahan jet tempur Su-35,” jelas Dinas Federal untuk Kerja Sama Teknik Militer seperti dikutip TASS di sela forum ARMY 2019 di Kubinka, luar kota Moskow, (27/6/2019).

Terkait jadi tidaknya pembelian Su-35 oleh Indonesia, memang banyak rumor berkembang.

Indonesia menandatangani kontrak pembelian 11 Su-35 (NATO: Flanker-E) dari Rusia pada Februari 2018. Hal ini berdasarkan keterangan yang disampaikan pihak Kementerian Pertahanan RI.

Informasi dari sumber AR per hari ini menyebut, pembelian Su-35 dari Rusia tetap berlanjut. Plus dengan pembelian F-16 Viper dari Amerika Serikat.

Sumber: airspacereview.com, TSM Roni Sontani

Baca Juga:  Pesawat Pengintai U-2S Amerika Jatuh

11 Komentar

  1. Ha..ha..ha..sudah di duga, selain gk punya duit juga gk punya nyali utk beli, di pelototin USA dikit langsung mengkeret, belum lagi mendag nya yg bertele tele dalam hal imbal dagang tawaran nya TIDAK MENARIK, sdh pantas kalo si enggar di ganti jangan jadi mendag lagi. liat aja rusky bakal pundung dan mengalihkan seluruh pembelian sawit nya dari Indonesia ke malaysia

  2. Kenapa ya negara seluruh dunia seakan tak berkutik dengan amerika?? Pdhl bnyk negara kuat yg bisa saingi kekuatan amerika baik teknologi perang maupun ekonominya?? Indonesia dan beberapa negara sahabat harus mencari solusi terhadap hal ini dgn membuat blok baru rusia, china, indonesia dan beberapa negara sahabat yg loyal akan kebersamaan.

Tinggalkan Balasan