Pesawat A400M Atlas Akan Dipakai Angkut Sembako

Ada fakta menarik dibalik rencana pembelian pesawat angkut militer buatan Airbus A-400M Atlas. Pesawat ini ternyata akan lebih banyak digunakan untuk mengangkut sembako.

Tujuanya untuk memperkuat pemertaan ekonomi mengatasi kesenjangan ekonomi Indonesia saat ini ada di wilayah timur khususnya Papua.

Menyikapi kesenjangan ekonomi di wilayah timur ini pemerintah lantas melakukan berbagai upaya salah satunya ialah menyediakan angkutan udara (Airlift) dan optimalisasi tol laut.

Tak tanggung-tanggung pemerintah Indonesia berencana membeli lima buah pesawat angkut berat, A400M buatan Airbus Defence and Space (ADS).

Sedangkan harga per unit A 400 M adalah 2,3 triliun rupiah. Belum lagi perawatan yang mahal dari pesawat angkut berspesifikasi militer ini.

Rencananya pesawat A 400 M digunakan untuk mengangkut sembako macam beras, minyak dan lain sebagainya untu masyarakat Papua.

Walaupun berspesifikasi militer namun
pembelian pesawat ini bukan dilakukan oleh Kemenhan RI tapi oleh salah satu BUMN PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).


Namun walaupun begitu pengoperasian
pesawat tetap dari TNI AU.


Sampai saat ini proses pembelian A 400 M sampai dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak.

Rencananya Indonesia akan membeli dua unit terlebih dahulu sebelum tiga unit menyusul kemudian.

Sumber: grid.id

Baca Juga:  Kapal PKR TNI AL Akan Gunakan Propulsi Tambahan Bakker Sliedrecht

1 Komentar

  1. Pembelanjaan militer memang paling renyah nih krn Susah ditelusuri. Klo mau beli pesawat Cargo beli aja yg umum sih. Lebih murah, muatannya lebih banyak malah. Kasus Helicopter agusta kemarin saja nggak jelas kelanjutannya. Bener2 deh kyknya ni Pemerintahan koruptive bgt. Yg dibangun berapa uang yg kepake segambreng

Tinggalkan Balasan