Pesawat Angkut Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Tewas

Sebuah pesawat kargo militer Rusia jatuh saat hendak mendarat di pangkalan udara Hemeimeem, Suriah, pada Selasa (6/3). Kementerian Pertahanan Rusia memastikan 32 orang penumpang yang ada di dalam pesawat itu seluruhnya tewas.

Pesawat kargo jenis An-26 itu dilaporkan tengah membawa 26 penumpang dan enam awak. Pesawat jatuh hanya 500 meter dari landasan pacu, diduga karena kesalahan teknis.

Rusia, sekutu penting Presiden Suriah Bashar al-Assad, telah menyewa pangkalan militer Hemeimeem yang berlokasi di dekat pantai Mediterania. Pangkalan ini jauh dari wilayah konflik, tetapi telah menjadi sasaran baku tembak pada Desember lalu.


Militer Rusia mengkonfirmasi, pesawat kargo yang jatuh tersebut tidak terkena tembakan apapun. Pihaknya mengatakan akan segera melakukan penyelidikan penuh untuk mengetahui penyebab pasti dari insiden ini.

An-26 itu sudah dalam final approach mendekati landasan ketika kemudian pesawat nampak kehilangan keseimbangan dan jatuh. AU Rusia menyiapkan komisi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan, termasuk apakah ada pelanggaran prosedur.


An-26 sendiri merupakan tulang punggung transpor ringan untuk membawa prajurit, amunisi, dan perbekalan untuk mendukung para prajurit di garis depan sejumlah propinsi Suriah. Dengan kehilangan ini, secara total Rusia sudah kehilangan 77 prajuritnya dalam lima tahun keterlibatan Rusia di Suriah.

Baca Juga:  Australia Hukum Pasukan Bendera NAZI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan