Pesawat Asing Diturunkan Paksa Oleh TNI AU Lanud Sultan Iskandar Muda

Sebuah Pesawat Boeing 737 disergap oleh pesawat F-16 milik TNI AU dipaksa mendarat. Pesawat tersebut melintasi batas wilayah Negara NKRI tanpa mempunyai ijin dan dokumen lintas batas negara yang sah.

Boeing 737 itu diturunkan paksa oleh pesawat F-16 dari skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang sedang melaksanakan patroli udara batas wilayah Indonesia wilayah barat. Pesawat Boeng 737 diturunkan paksa di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Kamis (16/2).

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos membenarkan kejadian penurunan paksa pesawat Boeng 737 di Lanud SIM, dan menjelaskan bahwa pesawat Boeng 737 dari skadron 5 Lanud Makassar yang sedang mengikuti latihan Hanud Cakra 17 di wilayah Kosek III Medan yang melibatkan pesawat F-16 dari Skadron 16 Pekanbaru, dari tanggal 30 Januari sampai tanggal 17 Februari.Lanud Sultan Iskandar Muda terlibat dalam penyergapan pesawat yang diduga melintasi batas wilayah NKRI yang diturunkan paksa oleh pesawat yang sedang patrol (Force Down).


Dalam Latihan Force Down (penurunan paksa pesawat) melibatkan seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kompi Senapan C Paskhas Yonko 469.

Sumber : Dispen TNI AU

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan