Pesawat Bomber Siluman China Akan Mulai Aktif Tahun Ini

Xian H-20, pesawat bomber siluman China yang mampu membawa rudal nuklir dilaporkan memulai debutnya tahun ini. Pesawat ini akan melengkapi kemampuan triad nuklir militer China.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (5/5/2020), Xian H-20 dijadwalkan akan pamer kemampuan terbang dalam air show di di Zhuhai Airshow November tahun ini jika pandemi COVID-19 cukup terkendali.

“Zhuhai Airshow diharapkan menjadi platform untuk mempromosikan citra China dan keberhasilannya dalam pengendalian wabah Corona serta ajang pamer bahwa Corona tidak berpengaruh pada perusahaan industri pertahanan China,” kata salah satu sumber milite China.

Namun pihak Beijing masih akan tetap melihat kondisi geo politik di kawasan. Mengingat daya gentar pesawat ini sangay hebat.

Ketegangan di kawasan Pasifik memburuk dalam sebulan terakhir, di mana Beijing dan Washington terus terlibat perang kata-kata terkait pandemi COVID-19. Kedua pihak juga pihak meningkatkan patroli Angkatan Laut di Selat Taiwan dan Laut China Selatan serta Laut China Timur.

Pesawat H-20 dilaporkan dirancang untuk menyerang sasaran-sasaran jauh, yang mencakup pangkalan AS di Jepang, Guam, Filipina, dan negara-negara lain. Rantai pulau di Hawaii dan pesisir Australia juga berada dalam jangkauan.

Baca Juga:  Mesir Terima Pengiriman Pertama MIG-35 Dari Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan