Pesawat CN-235 Bisa Jadi Senjata Penghancur Kapal

Sesuai fungsinya, pesawat CN-235 MPA adalah pesawat patroli laut untuk mendeteksi pelanggaran. Namun pesawat ini juga mampu menghancurkan kapal perang musuh.

CN-235 MPA buatan PT Dirgantara Indonesia ini dalam misi patrolinya tidak hanya memiliki kemampuan mendeteksi dan mengidentifikasi sasaran saja.

Tapi juga bisa menghancurkan sasaran menggunakan persenjataan seperti roket, rudal antikapal perang, dan torpedo antikapal selam.

Ketika sedang melaksanakan terbang patroli di udara untuk mengintai pergerakan kapal-kapal yang sedang berada di permukaan laut, CN-235 akan selalu bekerja sama dengan jet-jet tempur Sukhoi yang bertugas sebagai pengawal (air cover) bagi CN-235 dari ancaman jet tempur musuh.

Tapi jika CN-235 berhasil mendeteksi kehadiran kapal perang musuh dan harus dihancurkan, CN-235 juga bisa bekerja sama dengan Sukhoi untuk menghancurkan kapal perang bersangkutan secara bersama.


Pasalnya baik CN-235 MPA maupun Sukhoi telah terintegrasi secara sistem komunikasi, sistem peperangan elektronik, dan sama-sama memiliki senjata penghancur kapal perang.

Misalnya jika CN-235 MPA memiliki senjata penghancur kapal berupa rudal Harpoon atau Exocet, Sukhio juga memiliki rudal antikapal perang yakni, Kh-59 ME.


Dengan demikian penambahan kekuatan CN-235 MPA yang merupakan buatan PT DI Indonesia itu di Skadron Udara 5 Lanud Hassanudin bisa membuat jet-jet tempur Sukhoi makin mematikan karena memiliki partner yang bisa mengendus kapal perang di lautan luas.

Baca Juga:  KRI Banda Aceh-593 Dukung Penyiapan Armada III di Sorong Papua

Jika kapal-kapal perang musuh terpergok CN-235 MPA, pesawat yang diawaki oleh 7 orang personel ini akan segera mengontak Sukhoi dan kemudian menghancurkan sasaran bersama-sama.

sumber : intisari.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan