Pesawat F-15SG Singapura Tampil Cantik Dengan Livery Khusus 50 Tahun

Pesawat tempur terhebat di ASEAN, F-15SG milik Angkatan Udara Singapura (Republic of Singapore Air Force/RSAF) tampil cantik dengan livery yang khusus dibuat untuk merayakan setengah abad kekuatan udara terkuat di Asia Tenggara tersebut.

F-15SG Strike Eagle dibalut livery khusus bertema “50Th Anniversary.” Pesawat tersebut dipamerkan bersamaan dengan pembukaan gelaran Singapore Airshow 2018 pada 7 februari 2018 yang lalu.

Adalah Presiden Singapura, Halimah Yacob, yang secara khusus mengenalkan pesawat tersebut ke publik.


Mengapa yang dipilih F-15SG? Tak lain karena jet tempur twin engine ini yang menjadi kebanggaan RSAF, dengan berbagai atribut persenjataan dan kemampuannya F-15SG tak bisa dipungkiri adalah jet tempur tercanggih di kawasan Asia Tenggara saat ini.

Seolah ingin memuaskan dahaga pengunjung pameran, RSAF mempersilahkan pengunjung untuk naik dan duduk di kokpit. Hampir semua mengabadikan kesempatan langka ini untuk berfoto, termasuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang menyempatkan berfoto bersama KSAU Singapura Mayjen Mervyn Tan di kokpit F-15SG. RSAF menempatkan 24 unit F-15SG di Lanud Paya Lebar. Jet tempur buatan Boeing dikenal digdaya di medan tempur serta mempunyai keunggulan utama pada air superiority.


Dengan wilayah yang kecil, namun kedigdayaan Singapura di ASEAN tidak diragukan lagi. Selama Indonesia belum membeli Sukhoi Su-35 selama itu pula mungkin FIR di atas Batam akan terus dikuasi negeri singa itu.

Baca Juga:  Inggris Kecam Pengakuan Yerussalem Sebagai Ibukota Israel

Daya deterren TNI AU masih lemah meski sekarang sudah diperkuat Sukhoi Su-27 dan Sukhoi Su-30MK2. Dua pesawat tersebut kemampuanya juga masih kalah dibandingkan Sukhoi Su-30MKM milik AU Malaysia (TUDM).

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan