Pesawat F-15X Super Eagle Diincar AU Amerika

Teka-teki pengganti pesawat F-15C/D Eagle yang sudah uzur, yang dioperasikan Air National Guard akan terjawab dalam waktu dekat. Sebagai armada pesawat yang sering terbang, memakai F-35 jelas buang-buang uang untuk biaya operasional dan harga unit yang mahal

Angkatan Udara AS (USAF) akan memilih F-15X Super Eagle untuk menggantikan F-15C/D yang sudah tua.

Untuk keperluan akuisisi, pihak Pentagon telah mengajukan permintaan anggaran 1,2 miliar dolar AS untuk pengadaan 12 unit F-15X.

Selain hemat dan lebih murah, pengaruh adaptasi teknologi juga turut menjadi pertimbangan. F-15X adalah versi terbaru dari jajaran F-15 Eagle yang sudah malang melintang pertempuran dan sudah sangat dikenal oleh personel TNI AU.

Menurut Bloomberg, keputusan membeli F-15X datang dari pemimpin Pentagon, termasuk beberapa desakan dari Wakil Menhan Pat Shanahan, dan bukan dari USAF yang akan menerbangkannya.

Musim panas ini, Defense One Broke ungkap dua cerita tentang penjualan dari Boeing, yang mengusulkan versi lanjutan F-15 kepada AU AS. Sementara Lockheed Martin yang mendorong pesawat hybrid F-22 Raptor dan F-35 JSF seperti ditawarkan kepada Jepang.


F-15X atau Strike Eagle on Steroids, adalah versi terbaru dari jet tempur F-15 Eagle. Pesawat tempur terbaru ini selain dilengkapi avionik dan radar terkuat, juga mampu membawa lebih dari dua lusin rudal udara-ke-udara.

Harga F-15X diatur lebih terjangkau, jauh di bawah F-35 yang mencapai 95 juta dolar AS.

Baca Juga:  Beri Peringatan Ke Rusia, 6 Pesawat Pembom Nuklir B-52 Amerika Parkir di Eropa

Biaya terbang F-15X ditaksir sekitar 27.000 dolar per jam, jauh di bawah F-35A yang 45.000 dolar per jam.

Boeing mengklaim bahwa F-15X akan memiliki masa pakai 20.000 jam, yang memungkinkannya digunakan selama beberapa dekade. Sebagai perbandingan, F-15 asli hanya 5.000 jam.

F-15X menggunakan kursi tunggal. Inovasinya akan menggabungkan dari varian sebelumnya seperti yang digunakan F-15 Strike Eagle yang dibeli Arab Saudi (F-15SA) dan Qatar (F-15QA).

Dengan umur airframe 20.000 jam, sensor terbaru, sistem kontrol penerbangan, dan avionik terbaru, F-15X akan bertugas selama beberapa dekade dengan biaya operasi yang menurut Boeing akan mengalahkan armada F-15C/D.

1 Komentar

  1. “Selain hemat dan lebih murah, pengaruh adaptasi teknologi juga turut menjadi pertimbangan. F-15X adalah versi terbaru dari jajaran F-15 Eagle yang sudah malang melintang pertempuran dan sudah sangat dikenal oleh personel TNI AU” maksudnya TNI AU gimana yaa ini??

Tinggalkan Balasan