Pesawat F-35 dan F-16 Bertempur 8 Jam Non-Stop dalam Latihan Defensive Counter Air

Pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 2019, 388th Fighter Wing dan 419th FW melaksanakan latihan kapabilitas tempur terintegrasi yang bertempat di Utah Test and Training Range. Tim biru dan merah yang terlibat dalam latihan ini terdiri dari F-35 Lightning II Hill AFB, F-16 Fighting Falcon 311th Fighter Squadron di Holloman AFB serta 80th FS di Kunsan Air Base, dengan tim aggressor dari perusahaan swasta Draken International.

Lebih dari 40 pesawat turut berpartisipasi. Latihan defensive counter-air ini didesain untuk mensimulasikan operasi tempur dengan tempo yang tinggi, untuk mengetes kapabilitas maintainer pesawat dalam mendukung pilot serta pesawat, dengan tujuan melindungi pangkalan udara dari kekuatan musuh berjumlah besar.

Blue Force benar-benar kalah jumlah dengan rasio 5:1, dan ditugaskan untuk mempertahankan beberapa aset dalam jangka waktu 8 jam. Pesawat harus disiagakan dalam alert status untuk merespon ancaman apapun yang datang. Pesawat dirotasi ke dalam pertempuran secara kontinu selama 8 jam. Jika musuh sukses menembus pertahanan dan menghajar sasaran, Blue Force dipenalti dengan pengurangan waktu sortie generation karena maintainer pesawat harus berlindung.

Dalam latihan ini, maintainer F-35 bekerja untuk menghasilkan sortie dengan steady rate, secara aman dan efisien. Segala macam hal diuji dengan jadwal yang ketat, mulai dari loading senjata hingga kesiapan pesawat terbang.

Di hari-hari biasa dalam Hill AFB, akan ada sekitar 8-10 pesawat yang lepas landas bersamaan, diikuti dengan 8-10 pesawat lagi beberapa jam kemudian. Namun dalam latihan ini, formasi 4 pesawat diluncurkan setiap 30-45 menit. Maintainer harus menghasilkan 44 sortie seharinya, sehingga harus siap menunggu pesawat mendarat, mengisi ulang bahan bakar serta amunisi, lalu lepas landas kembali.

Baca Juga:  Taiwan Siap Borong Jet Tempur F-35B, Tank M1A2 Abrams dan Teknologi Kapal Selam dari AS

Mereka bekerja dalam “cell”, dimana setiap cell terdiri dari crew chief, teknisi avionik, teknisi senjata, dan diawasi oleh satu senior NCO yang bertanggungjawab atas empat pesawat. Latihan ini memberikan tantangan bagi maintainer karena mereka memiliki turn time untuk pesawat hanya 30 menit, ketimbang 2-3 jam biasanya.


Sumber:
-Hex Lighting Ii Chan


https://www.af.mil/News/Article-Display/Article/1837862/hill-fighter-wings-conduct-combat-exercise/

1 Komentar

Tinggalkan Balasan