Pesawat F-35 dan Rafale Perancis Latihan Bareng

Jet tempur Lockheed Martin F-35A Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) dan Dassault Rafale telah mulai melakukan latihan gabungan yang diarahkan untuk meningkatkan interoperabilitas generasi keempat dan kelima antara Amerika Serikat dan Prancis.

Latihan ‘Atlantic Trident 21’, juga akan menampilkan pesawat F-35B dari Inggris, latihan sedang berlangsung di Pangkalan Angkatan Udara Mont-de-Marsan dari 17 hingga 28 Mei.

“Penerbangan (gabungan pertama) adalah bagian dari latihan ‘Trident 21 Atlantik’ yang merupakan latihan multinasional gabungan yang melibatkan Amerika Serikat, Prancis dan Inggris, ditujukan untuk meningkatkan integrasi generasi keempat dan kelima, kesiapan tempur dan kemampuan bertempur, dengan melakukan operasi udara yang kompleks di lingkungan pasukan gabungan multinasional yang diperebutkan, ”kata USAF.

Kabar tentang latihan gabungan AS-Prancis pertama datang beberapa hari setelah empat F-35A Angkatan Udara AS tiba di Pangkalan Udara Marsan di Prancis selatan pada 10 Mei untuk pelatihan dan operasi jaminan regional. F-35A milik AU Amerika Serikat berasal dari Skuadron Tempur ke-4 (gabungan personel dari 388th Fighter Wing (FW) aktif dan cadangan 419 FW) yang biasanya ditempatkan di Hill Air Force Base di Utah, Rafale dari Angkatan Udara Perancis berasal dari 1/4 Skuadron Tempur Gascogne, 113 Pangkalan Udara Saint-Dizier-Robinson, sedangkan F-35B Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) akan berasal dari Skuadron 617 ‘Dambusters’ di RAF Marham.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan