Pesawat F-35 Pesanan Turki Terbang Perdana

Selangkah lagi, Turki akan bergabung dengan negara-negara pengguna pesawt generasi ke-5, Joint Strike Fighter/JSF F-35. Ini akan jadi langkah maju bagi negara sekuler tersebut.

Dilaporkan the avionist, pada tanggal 10 Mei 2018, pesawat F-35A pertama yang pesanan Angkatan Udara Turki telah melakukan uji penerbangan perdananya di fasilitas Lockheed Martin di Ft. Worth, Texas.

Diterbangkan oleh pilot uji Angkatan Laut AS Cmdr. Tony Wilson, pesawat dengan nomor seri 18-0001 lepas landas pada pukul 14.47 waktu setempat dan mendarat pada pukul 16.00. Foto di postingan ini diambil oleh Clinton White dari Highbrass Photography selama sortie pertama milik F-35 Turki (dengan kode AT-1).

Turki secara resmi akan menerima pesawat pertama dari 100 F-35A yang dipesan pada tanggal 21 Juni di AS.


Dua pilot AU Turki saat ini sedang dilatih di AS, setelah pelatihan selesai, dan pesawat F-35 lainnya dikirimkan, jet-jet F-35 tersebut direncanakan akan dibawa ke Turki pada bulan September 2019. Pilot-pilot yang sudah terlatih akan menerbangkan dua F-35 dari AS, bersama dengan pesawat tanker untuk pengisian bahan bakar, sebagaimana dilaporkan oleh Anadolu Agency Turki.


Sumber : theaviationist.com/TSM Angga Saja

Baca Juga:  Arab Saudi dan Ukraina Pamerkan Pesawat Angkut Antonov An-132D 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan