Pesawat F-35A Amerika Terbakar di Pangkalan Idaho

Sebuah pesawat F-35A Fighter terbakar di pangkalan Mountain Home di negara bagian Idaho sebagaimana berita yang dilansir US Air Force.

“Pilot terpaksa harus keluar dari pesawat saat menyalakan mesin pesawat ketika api muncul di bagian ekor pesawat,” kata juru bicara Angkatan Udara Kapten. Mark Graff dalam keterangan tertulis yang diberikan kepada Defense News.

Insiden ini terjadi s

Insiden ini terjadi di sekitar tengah hari pada hari Jumat. Menurut Graff, api dengan cepat padam dan tidak ada cedera serius yang diderita oleh pilot atau awak di darat.

Penyebab kebakaran masih diinvestigasi.


Menurut Defense News, ada sekitar 7 jet tempur F-35A yang awalnya berada di Pangkalan Luke Air Base Arizone yang dipindah ke pangkalan Mountain Home pada awal September ini untuk dijadikan pesawat latih terbang. (sputniknews)


F-35A adalah pesawat tempur termahal dalam sejarah dunia. Pesawat generasi ke-5 ini dibuat oleh Amerika dengan pendanaan dari negara-negara sekutu yang berkongsi dalam proyek JSF, Joint Strike Fighter. Tapi sejak prototipe hingga uji terbang sampai sekarang, pesawat ini terus didera masalah, seperti yang terbaru soal tanki bahan bakar yang mudah retak, helm pilot yang terlalu berat yang malah bisa mematahkan leher pilot saat menggunakan kursi lontar.

Walhasil, JSF F-35A sering diplesetkan jadi Joint Sick Failure.

Baca Juga:  Dua Pesawat Tempur Typhoon Jerman Tabrakan di Udara, Satu Pilot Tewas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan