Pesawat F18 Super Hornet Luncurkan 100 unit Micro Drone

Militer Amerika merilis video tentabg pesawat F18 Hornet yang tengah menguji kawanan (swarm) micro-drone sebanyak 103 biji yang  di kawasan China Lake di California. Tes ini adalah yang kedua setelah tes yang dilakukan pada Oktober tahun lalu gagal.
Perkembangan dalam kecerdasan buatan (artificial intelligence) telah menyebabkan pengembangan sistem senjata otonom baru dan juga untuk mengendalikan sekelompok robot kecil yang bertindak sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh manusia, AFP melaporkan pada hari Selasa (10/01) mengutip Departemen Pertahanan AS yang menyebutnya sebagai langkah penting.

Para ahli strategi militer memiliki harapan tinggi terhadap kawanan drone semacam itu yang akan murah untuk diproduksi dan dapat membanjiri pertahanan lawan dengan jumlah drone yang banyak.

Pengujian tersebut melibatkan 103 micro-drone Perdix yang berukuran sekitar enam inci (16 cm) yang diluncurkan dari tiga jet tempur F/A-18 Super Hornet, Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan.


“Micro-drone tersebut menunjukkan perilaku kawanan yang canggih seperti pengambilan keputusan secara kolektif (collective decision-making), terbang formasi yang adaptif dan self-healing,” katanya.

“Perdix bukan merupakan individual yang disinkronkan dengan program, mereka adalah organisme kolektif, berbagi satu otak yang didistribusikan untuk pengambilan keputusan dan beradaptasi satu sama lain seperti kawanan di alam,” kata William Roper, direktur Kantor Kemampuan Strategis (Strategic Capabilities Office) Pentagon. “Karena setiap Perdix berkomunikasi dan bekerja sama dengan setiap Perdix lainnya, kawanan itu tidak memiliki pemimpin dan dapat beradaptasi dengan mulus terhadap drone yang masuk atau keluar dari tim.”

Departemen Pertahanan AS telah mendapatkan tugas untuk mempercepat integrasi inovasi teknologi ini ke dalam persenjataan AS.

Video : 

www.youtube.com/watch?v=ndFKUKHfuM0

Sumber : TSM/defenseworld.net

Advertisements

1 Komentar

  1. wah bakal terjadi perang drone. gak kebayang apa yg selama ini di tonton di film matrix, macross,gundam dan film fiksi lainnya sudah ada yg di wujudkan skrang ini. micro drone bisa merusak secara terstructure dan masive misalnya masuk kedalam air intake jet engine.

Tinggalkan Balasan