Pesawat Flying Wing Northrop N9-M Terakhir Jatuh di California

Sebuah Pesawat Northrop N-9M privat, yang merupakan unit terakhir dari jenisnya, dikabarkan jatuh di Norco, California pada 22 April 2019 pukul 12.10 waktu setempat . Flying wing tersebut jatuh di sebuah lapangan dalam fasilitas penjara California Rehabilitation Center.

Rekaman dari helikopter berita yang berputar di atas area mishap satu jam setelah kejadian menunjukkan bahwa hampir tidak ada yang tersisa dari pesawat tersebut, dan nampaknya terjadi total loss.

Riverside County Sheriff melaporkan bahwa mishap ini fatal. Jumlah penumpang pesawat belum dikonfirmasi oleh media, namun N9-M adalah pesawat single-seat. FAA mengatakan bahwa tidak ada orang yang cedera di darat, dan bahwa NTSB akan menyelidiki penyebab mishap ini.


N9-M adalah pesawat tes yang pertama kali terbang pada Desember 1942. Flying wing ini adalah scale model 1:3 dari desain bomber flying wing YB-35, yang dibuat untuk mendukung pengembangan bomber tersebut. N-9M memiliki bentang sayap 60 kaki, terbuat dari kayu dan metal, serta memakai dua pusher prop. Pesawat ini juga merupakan evolusi dari flying wing N1-M yang pertama terbang pada Juli 1940.

Total loss ini adalah sebuah kedukaan dalam dunia penerbangan berhubung unit yang jatuh ini adalah unit satu-satunya yang bisa terbang, dan satu-satunya unit yang tersisa. Northrop membuat 4 N9-M, namun di-scrap sebanyak 3 unit. Unit terakhir ini direstorasi mulai 1982 dan bisa terbang kembali sejak 1993.

Baca Juga:  AIM-9X BLOCK II untuk Indonesia

-Hex


https://www.thedrive.com/the-war-zone/27594/rare-and-historic-northrop-flying-wing-crashes-into-prison-yard-in-california

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan