Pesawat Gripen E Pesanan Brazil Terbang Perdana

Saab kemarin (26/08) menyelesaikan penerbangan pertama yang sukses pesawat tempur Gripen E Brazil pertama, dengan nomor registrasi 39-6001. Pada pukul 2.41 siang CET (Central Europe Time) pada tanggal 26 Agustus, pesawat Gripen E lepas landas pada penerbangan perdananya yang diterbangkan oleh pilot uji Saab Richard Ljungberg. Pesawat dioperasikan dari lapangan terbang Saab di Linköping, Swedia.

Durasi penerbangan adalah selama 65 menit dan termasuk pengujian untuk memverifikasi penanganan mendasar pesawat dan kualitas terbang pada ketinggian dan kecepatan yang berbeda. Tujuan utamanya adalah untuk memverifikasi bahwa perilaku pesawat telah sesuai dengan harapan.

“Tonggak sejarah ini merupakan bukti kemitraan yang hebat antara Swedia dan Brasil. Kurang dari lima tahun sejak kontrak ditandatangani, Gripen Brasil pertama telah melakukan penerbangan pertamanya,” kata Håkan Buskhe, Presiden dan CEO Saab.

Pesawat ini adalah pesawat produksi Brasil pertama dan akan digunakan dalam program uji bersama sebagai pesawat uji. Perbedaan utama dibandingkan dengan pesawat uji sebelumnya adalah bahwa 39-6001 memiliki tata letak kokpit yang sama sekali baru, dengan Wide Area Display (WAD), dua small Head Down Display (sHDD) dan Head Up Display (HUD) yang baru. Perbedaan utama lainnya adalah sistem kontrol penerbangan yang diperbarui dengan protokol kontrol yang diperbarui untuk Gripen E. Ini juga mencakup modifikasi baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak.

Baca Juga:  AD Rusia Terima Panser Infantri BMP-2M Berezhok Versi Upgrade

“Bagi saya sebagai pilot, merupakan kehormatan besar untuk menerbangkan pesawat Gripen E Brasil yang pertama karena saya tahu betapa berartinya ini bagi Angkatan Udara Brasil dan semua orang di Saab dan mitra Brasil kami. Penerbangannya mulus dan pesawatnya berperilaku seperti yang kita lihat di rig dan simulator. Ini juga pertama kalinya kami terbang dengan Wide Area Display di kokpit, dan saya senang mengatakan bahwa harapan saya terpenuhi,” kata pilot uji Saab, Richard Ljungberg.

39-6001 sekarang akan bergabung dengan program pengujian untuk envelope expansion lebih lanjut serta pengujian sistem dan sensor taktis.

Gripen E 39-6001 akan diberi kode F-39 di Angkatan Udara Brasil dan akan memiliki nomor ekor 4100.

Sumber : saab.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan