Pesawat Gripen NG Pesanan Brasil Menuju Perakitan Tahap 2

Pesawa Tempur Gripen-E NG (Next Generation) pesanan Angkatan Udara Brasil telah memasuki perakitan tahap dua (Stage 2) di pabrik Saab, Swedia. Dalam tahapan ini, akan dilakukan integrasi sejumlah komponen seperti avionik, mesin, unit power tambahan (APU), radar, canard, kanopi, dan lainnya.

Sebelumnya, perakitan tahap satu (Stage 1) berupa integrasi kabel dan pipa telah selesai dilaksanakan.

Targetnya, pesawat yang dipesan sejak akhir tahun 2014 ini akan bisa terbang perdana tahun 2019 ini.

Namun si Gripen masih menjalani satu tahapan perakitan lagi untuk benar-benar selesai.

Gripen dipilih oleh pemerintah Brazil melaluo program jet tempur F-X2 tahun mengalahkan 2 pesawat lainya yaitu Dassault Rafale B/C dari Perancis dan Boeing F/A-18E/F Super Hornet dari Amerika Serikat.



Kontrak pembelian diteken pada 24 Oktober 2014 Brasil dan Swedia senilai 39,3 miliar SEK atau 5,44 miliar dolar AS untuk pembelian total 36 Gripen NG. Dengan konfigurasi 28 unit kursi tunggal dan sisanya kursi ganda.

Pesawat pertama diharapkan tiba pada 2019 ini dan pada 2024 semua pesawat selesai dikerjakan.

SAAB juga menyanggupi soal alih teknologi. 15 unit dari 36 pesanan akan dirakit secara penuh di Pabrik Pesawat Embraer milik Brazil.

Brasil juga mengeluarkan biaya tambahan sekira 1 miliar dolar AS atas permintaan khusus pengembangan wide area display (WAD) di kokpit Gripen NG. Perangkat ini adalah layar tampilan sentuh tangan berukuran 19 inci x 8 inci (48,26 cm x 20,3 cm).

Baca Juga:  Diplomatnya Diusir Inggris, Rusia Kobarkan Perang Dingin Jilid II

Dengan menggunakan perangkat WAD panoramik, pilot bisa mengetahui segala hal, mulai dari info/data penerbangan, peta, keadaan sekeliling, hingga ruang pertempuran. WAD dibuat oleh perusahaan lokal AEL Sistemas sebagai bagian dari kesepakatan transfer teknologi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan