Pesawat Intai AWACS A-100 Rusia Terbang Perdana

Pesawat Airborne Early Warning Beriev A-100 milik Rusia melakukan penerbangan perdana, ini adalah jenis tipe pesawat prototipe pertama. Menurut keterangan pers resmi Kementrian Pertahanan Rusia, pesawat ini melakukan uji terbang perdana di G.M. Beriev Aviation R&D and Production Complex di Taganrog di Oblast Rostov pada tanggal 18 November lalu.

Rusia juga menyebut bahwa uji terbang tersebut berjalan sukses, semua sistem pesawat berada dalam mode operasi normal dan siap untuk pengujian lebih lanjut.

A-100 sendiri dijadwalkan akan diproduksi massal mulai tahun 2020.


Pesawat Beriev A-100 ditujukan sebagai pengganti pesawat Beriev A-50, desainya berdasarkan pesawat angkut militer Il-76MD-90A (juga dikenal sebagai project Il-476 selama tahap desain).


Fisik tampilan A-100 sangat kentara sebagai pesawat intai di udara dengan penempatan kubah radar array di atas pesawat. Kubah tersebut dipasang pada dua strut penyangga di atas badan pesawat. Pesawat ini ditenagai dengan mesin turbofan PS-90A-76 baru yang 15% lebih kuat daripada mesin D-30KP yang digunakan oleh Il-76 (Beriev A-50).
Avionik dan konfigurasi juga akan serupa dengan A-50U, namun dengan Vega Premier Active Phased Array Radar yang baru. Radar AESA baru pada kubah tersebut akan diarahkan secara elektronik untuk elevasinya sementara azimuth dikendalikan oleh perputaran kubah. Array radar akan berrotasi setiap 5 detik sekali, sehingga meningkatkan kemampuan radar untuk melacak sasaran yang bergerak cepat.

Baca Juga:  China Sedang Mengembangkan Pesawat Pembom Siluman Strategis

Sumber : defpost.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan