Pesawat Komando Kiamat Rusia Telah Resmi Terbang

Rusia akhirnya siap mengoperasika Pesawat Ilyuhsin Il-96-400 generasi ketiga, pesawat ini dijuluki “pesawat komando kiamat”.  Militer Rusia pada 2015 sudah menerima pesawat Ilyuhsin Il-80 yang merupakan “pesawat kiamat” generasi kedua.Pesawat ini memiliki kemampuan membawa rudal nuklir yang lebih besar dan beragam teknologi terkini untuk menjadi komando perang nuklir dari angkasa. Penyerahan pesawat itu oleh Voronezh Aircraft Factory (pabrik pembuat pesawat) kepada Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 27 Juli 2016.

Kantor berita Sputniknews menulis bahwa “pesawat komando kiamat” dirancang untuk memberikan komando dan kontrol militer Rusia serta kekuatan nuklir strategis untuk menghadapi kasus konflik besar atau invasi berskala penuh dari Rusia.

Dengan pesawat ini Rusia ingin memastikan balasan nuklir total pada setiap serangan nuklir yang diterimanya. 

“Pada dasarnya, pos komando udara ini memastikan bahwa tidak ada serangan terhadap negara kami yang lolos tanpa hukuman. Setiap negara yang mungkin mengancam keselamatan atau integritas wilayah federasi Rusia , yang mungkin memulai perang atau serangan tiba-tiba, akan menghadapi pembalasan kami lebih dahsyat dengan pusat komando yang tak terdeteksi” kata Korotchenko yang dilansir sputiniknews Jumat (29/7/2016).


Mengutip data Kementerian Pertahanan Rusia,  bahwa “pesawat kiamat” ini bisa melesat pada ketinggian sekitar 10-12 kilometer tanpa terdeteksi radar. Pesawat bisa difungsikan sebagai pusat komando bagi semua cabang militer Rusia, termasuk pasukan nuklir strategis.

Baca Juga:  Kirim Senjata, Lima Kapal Rusia Merapat ke Filipina

“(Pesawat) ini adalah pos komando penuh yang memungkinkan untuk mengkoordinasikan tindakan pasukan darat dan angkatan laut selama perang konvensional dan nuklir,” ujar Korotchenko.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan