Pesawat Latih Boeing T-X Siap Dipasarkan ke Timur Tengah

Pesawat latih tempur buatan Boeing dan Saab yang dinamai T-X dan baru saja memenangkan kompetisi jet latih lanjut masa depan Angkatan Udara AS, dapat dibeli oleh negara-negara di Timur Tengah untuk berbagai misi berbeda, menurut seorang eksekutif Boeing di Pameran Pertahanan Internasional di IDEX 2019 di Uni Emirat Arab.

“Kami melihat adanya minat pada T-X,” kata Mark Ballew, direktur penjualan dan pemasaran untuk Layanan Pemerintah Internasional di Boeing Global Services. “Kami mendapatkan beberapa pertanyaan tentang T-X dan kapan akan tersedia.

Ballew menolak berkomentar tentang negara mana yang tertarik dengan pesawat itu atau jenis misi apa yang dilihat negara-negara itu.


T-X adalah pesawat latih kursi ganda berdesain baru dan akan menggantikan T-38 Talon milik Angkatan Udara AS Ini adalah program bersama antara Boeing dan Saab, dan mengalahkan tawaran pesaing dari Lockheed Martin dan Leonardo DRS.


Dan walaupun secara luas diasumsikan bahwa militer asing, khususnya yang mengoperasikan F-35, berpotensi membeli T-X, diasumsikan bahwa ia kemungkinan akan berada dalam peran jet latih.

Tetapi dalam briefing media Boeing di IDEX, Ballew mengindikasikan bahwa perusahaan melihat pasar yang jauh lebih luas untuk jet, dalam hal-hal seperti pelatihan agresor dan bahkan sebagai jet tempur dan serang darat.

Sumber: Time/UC News/Aryo Nugroho

Baca Juga:  Israel dan India Tekan Kontrak Pembuatan 1000 Rudal Barak 8

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan