Pesawat Latih Boeing TX Terbang Perdana

Pabrikan pesawat Boeing, telah melakukan penerbangan perdana pesawat jet TX pada 20/12/2016. Pesawat bermesin tunggal baru yang dikembangkan bersama dengan Saab.

Jet ini diproyeksikan untuk ikut bertanding dalam memenangkan kompetisi tender sebagai jet latih Angkatan Udara Amerika Serikat yang baru. Pesawat pertama dari dua prototipe yang direncanakan itu terbang selama 55 menit dari fasilitas flight-test Boeing dekat St Louis, Missouri.

Selama konferensi dengan wartawan setelah penerbangan, lead pilot Steven Schmidt mengatakan ia menerbangkan pesawat jet itu
setinggi 11.000 kaki dan mencapai kecepatan 231 knot selama penerbangan. Dan Draeger, chief pilot Boeing untuk program Angkatan Udara AS, duduk dibelakang dari Schmidt dalam posisi kursi instruktur. Mereka melakukan pengecekan handling quality dan kecepatan dengan landing gear disimpan dan dikeluarkan.

Kedua pilot disiapkan untuk penerbangan tersebut dengan menggunakan sistem pelatihan yang lengkap, yang meliputi pelatihan ground-based dan bantuan simulasi, kata pihak produsen.

Boeing melalukan roll out pesawat jet tersebut dalam sebuah upacara di St Louis pada 13 September. Ditenagai oleh mesin turbofan afterburning GE Aviation F404-GE-402, dengan ekor kembar miring dan kokpit tandem berjenjang untuk pilot siswa dan instruktur. Prototipe kedua telah keluar dari paint shop pada tanggal 20 Desember dan dijadwalkan akan memulai uji taxi dan penerbangan pada kuartal pertama tahun depan, kata program manager Boeing T-X Ted Torgerson. Dia menolak untuk menjelaskan secara detil kapan flight test prototipe kedua akan dilakukan.

Setidaknya ada tiga tim lainnya yang akan bersaing untuk Program T-X, USAD butuh sebanyak 350 pesawat untuk menggantikan pesawat Northrop T-38 Talon yang digunakan oleh Air Education and Training Command USAF untuk melatih pilot tingkat lanjut. Para tim industri memperkirakan AU AS akan merilis proposal pengadaan paling lambat pada tanggal 30 Desember.

Pesawat TX kolaborasi Boeing-Saab uji terbang perdana. Foto: aviation
Penerbangan perdana Boeing tersebut menyusul perkembangan baru lainnya yang melibatkan para pesaing T-X. Pada tanggal 12 Desember, Raytheon meresmikan fasilitas di mana direncanakan untuk merakit varian T-100 pesawat Master Alenia Aermacchi M-346 untuk Angkatan Udara AS, di Meridian Regional Airport in Meridian, Mississippi.

Pesaing lainya ada adalah versi upgrade dari T-50. Pada tanggal 19 November, Lockheed Martin mulai melakukan flight test pesawat latih T-50A yang ditawarkannya bersama Korea Aerospace Industries dari fasilitas South Carolina Technology and Aviation Center di Greenville, Carolina Selatan, di mana peawat jet itu akan dirakit.

Northtrop Grumman juga gak mau ketinggalan bersaing, Sebuah pesawat jet baru bermesin tunggal yang dibuat oleh anak perusahaan Northrop Grumman, Scaled Composites, difoto melakukan uji taxi di Mojave Air & Space Port di Mojave, California pada 19 Agustus dan melakukan penerbangan perdana beberapa hari kemudian. Pesawat tersebut terdaftar dengan nama N400NT, pesawat jet ini ditenagai oleh mesin GE F404-GE-102D.

(ainonline.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan