Pesawat Luar Angkasa China Melesat Lima Kali Kecepatan Suara

Para ilmuwan China mengklaim telah berhasil menguji purwarupa wahana pesawat luar angkasa berkecepatan hipersonik, pesawat ini juga disiapkan fitur pemakaian berulang di Gurun Gobi Februari lalu, sebagai bagian dari upaya untuk memimpin di depan dalam bidang riset luar angkasa.

South China Morning Post (6/3) melansir bahwa wahana hipersonik itu lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Mongolia dan berhasil mencapai lima kali kecepatan suara itu setara dengan 1.715 meter per detik dan kemudian berhasil mendarat kembali sesuai dengan desainnya.

Penggunaan desain wahana yang bisa dipakai berulangkali memang akan menurunkan biaya penggunaan secara drastis, namun tantangan terbesarnya ada pada kemampuan penentuan koordinat dimana wahana itu bisa kembali ke bumi. Jika berhasil, wahana ini bisa digunakan baik oleh sipil maupun militer.


Amerika Serikat sendiri sudah mengakui bahwa riset teknologi yang digunakan China untuk wahana hipersonik ini 20 kali lebih maju dibandingkan milik AS dan Amerika tertinggal dalam bidang ini sehingga ada faktor kerawanan bagi Amerika Serikat dan keunggulannya dalam bidang teknologi senjata hipersonik. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Singgah Di Hongkong, Kapal Induk USS Bikin Sinyal HP dan Internet Blank

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan