Pesawat MiG-29 India Kembali Jatuh

Pesawat MiG-29 buatan Rusia benar-benar menjadi pesawat tempur yang paling banyak jatuh bukan di medan perang

Kali ini pesawat tempur MiG-29K Angkatan Laut India jatuh di Laut Arab di lepas pantai Goa sekitar pukul 10.30 pagi pada 23 Februari kemarin, menurut pernyataan pihak AL India.

Pesawat sedang melakukan penerbangan rutin ketika kecelakaan itu terjadi. Pilot pesawat berhasil melakukan eject dengan aman dan kemudian diselamatkan.

Penyelidikan atas insiden tersebut telah diperintahkan, pihak AL India menambahkan dalam pernyataannya.

Ini adalah kecelakaan MiG-29K AL India yang ketiga dan merupakan yang kedua dalam empat bulan terakhir. Pada 16 November, pesawat latih tempur dua kursi MiG-29K AL India jatuh tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Angkatan Laut India INS Hansa di Dabolim, Goa. Kecelakaan itu terjadi ketika mesin kiri mati sementara mesin kanan pesawat terbakar karena diduga menabrak burung. Kedua pilot berhasil eject pada insiden itu.

Kecelakaan pertama adalah pada Januari 2018 ketika MiG-29K tergelincir dari landasan dan jatuh di dalam pangkalan INS Hamsa. Pilot berhasil eject dengan aman dari pesawat yang terbakar.

Mikoyan MiG-29K adalah pesawat tempur multirole berpangkalan kapal induk yang dikembangkan oleh Biro Desain Mikoyan Rusia.

Pada tahun 2004, India memesan 12 MiG-29K kursi tunggal dan 4 jet tempur kursi ganda MiG-29KUB, dan kemudian memesan 29 MiG-29Ks tambahan, senilai US $ 1,2 miliar, pada Januari 2010. Pesawat ke-45 dikirim pada Februari 2017.

Baca Juga:  Komplotan Abu Sayyaf Penculik Kapal WNI Tewas Disergap Militer Malaysia

MiG-29K memasuki dinas operasional India pada bulan Februari 2010. Pesawat-pesawat tempur itu berpangkalan di INS Hansa di pantai barat India sampai kapal induk INS Vikramaditya bergabung dengan AL India pada kuartal terakhir 2013. Jet itu dioperasikan oleh INAS (Indian Naval Air Squadron) 300 dan INAS 303, keduanya berpangkalan di INS Hansa.

Sumber : defpost.com, TSM Angga Saja

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. MiG-29 India Jatuh Lagi, Nasib Pakai Pesawat Yang Susah Suku Cadangnya – MiliterMeter.com
  2. MiG-29 India Jatuh Lagi, Nasib Pakai Pesawat Yang Susah Suku Cadangnya – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan