Pesawat Militer Rusia Terbang Rendah di Atas Kapal Perang AS

Pentagon melayangkan protes keras terhadap Moskow setelah pesawat militer Rusia dengan sengaja mematikan transponder lalu terbang rendah di atas kapal perang USS Porter yang beroperasi di perairan internasional Laut Hitam.

Insiden tersebut terjadi di Laut Hitam, pihak Amerika Serikat (AS) mengklaim mereka masih di perairan Internasional. Sedangkan pihak  Militer Rusia membantah, dan menyatakan tidak ada insiden dalam pertemuan pesawat militer Moskow dan kapal perang Washington tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, kejadian itu berlangsung pada hari Jumat lalu.

”Pada tanggal 10 Februari, tidak ada insiden terkait dengan aksi terbang lintas dari pesawat militer Rusia di dekat kapal perusak USS Porter di Laut Hitam,” katanya.


”Semua penerbangan oleh pesawat kami telah dilakukan di atas perairan netral di Laut Hitam sejalan dengan aturan internasional dan peraturan keamanan,” lanjut Konashenkov, seperti dikutip dari Itar-Tass, Rabu (15/2/2017).

”Jika juru bicara Pentagon mengatakan, sebuah kapal perusak AS melakukan misi patroli rutin di dekat wilayah Rusia, ribuan mil jauhnya dari pantai-pantainya, tidak ada yang mengejutkan tentang penerbangan oleh pesawat-pesawat kami di atas Laut Hitam, yang hanya sebagai rutinitas,” imbuh pejabat militer Moskow itu.


Insiden ini adalah kali kedua dalam 1 bulan terakhir di Laut Hitam. Sebelumnya Pesawat Antonov An-26 Ukraina ditembak oleh Armada Kapal Perang Rusia. 

Baca Juga:  Amerika Sambut Baik Tindakan Indonesia dan Australia di Laut China Selata

sumber: sindonews

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan