Pesawat P-8 Poseidon Pengawal Kapal Induk dan Pemburu Kapal Selam

Saat ini, kapal induk Amerika Serikat berlayar di seluruh perairan dunia, yang salah satunya di perairan tidak “Bersahabat”, dan salah satu ancaman terhadap simbol militer Amerika Serikat ini adalah kapal selam musuh, disinilah fungsi utama dari pesawat pemburu kapal selam.

Salah satu yang menjadi adalah pesawat P-8 Poseidon yang punya kemampuan intelijen, pengawasan, dan pengintaian maritim tingkat lanjut dan merupakan salah satu pemburu benda bawah air di lautan terbaik di dunia.

U.S Navy sendiri menjelaskan bahwa P-8 merupakan mata dan telinga bagi armada, tidak seperti beberapa aset militer pemburu kapal selam U.S Navy lainnya, P-8 Poseidon secara unik cocok untuk melakukan sweeping patroli dengan ruang lingkup sangat luas di laut terbuka dan melacak kemungkinan ancaman terhadap kapal induk.

P-8 menawarkan kemampuan untuk beroprasi jauh lebih tinggi dan memiliki jangkauan yang lebih jauh daripada helikopter anti kapal selam/asw (anti submarine warfare) yang biasanya dibawa di kapal induk, P-8 juga memiliki persenjataan untuk melumpuhkan kapal selam musuh, jadi bukan hanya sebagai pelacak saja tetapi bisa untuk melumpuhkan musuh sekaligus.

U.S Navy menggunakan P-8 Poseidon secara fleksibel untuk lebih dari sekadar patroli, perburuan kapal selam, dan pengawasan saja, tetapi bisa berfungsi pemburuan penyelundup narkoba, mengumpulkan intelijen, dan melakukan operasi pencarian (SAR).

Menurut Bryan Clark sebagai mantan perwira U.S Navy mengatakan bahwa, kapal induk Amerika telah memiliki pertahanan kuat menangkis rudal anti kapal musuh yang ada saat ini, namun ancaman mereka yang sebenarnya adalah torpedo dari kapal selam musuh yang diluncurkan dari jarak dekat.

Baca Juga:  Rusia Launching MiG-35, Pesawat 4++ Terbaru

“Jika mereka ingin menenggelamkan kapal induk, mereka harus menggunakan torpedo bukan rudal”, kata Clark. Seorang pejabat U.S Navy mengatakan kepada media Insider bahwa P-8 Poseidon adalah “Kunci” keamanan sesungguhnya dari carrier group U.S Navy, pesawat ini bisa mencari jarum (Kapal Selam) di tumpukan jerami (Lautan).

Sumber: businessinsider.com

1 Trackback / Pingback

  1. Berita terbaru

Tinggalkan Balasan