Pesawat Patroli Maritim Kawasaki P-1 Siap Ikuti Malabar 2018

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) akan mengerahkan pesawat patroli maritim Kawasaki P-1 untuk mengikuti latihan angkatan laut Malabar tahun depan.

Hal ini diumumkan dalam sebuah pernyataan pers bersama oleh Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera dan Menteri Pertahanan India Arun Jaitley di sela-sela Dialog Menteri Pertahanan Tahunan India-Jepang yang diselenggarakan pada tanggal 05 September.

Jaitley sedang dalam kunjungan dua hari ke Jepang untuk menghadiri dialog bilateral tersebut.

“Para Menteri Pertahanan menyatakan kepuasan atas keberhasilan Latihan Maritim Trilateral Jepang-India-AS MALABAR 2017 pada bulan Juli 2017 dan mengkonfirmasi niat mereka untuk memperdalam dan memajukan tujuan Latihan ini. Menteri Onodera menyatakan keinginannya untuk mengikutsertakan aset Jepang mutakhir termasuk P-1 untuk berpartisipasi dalam MALABAR 2018,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan India melalui Biro Informasi Pers (PIB). Ditambahkan bahwa Jaitley menyambut baik usulan ini.

Malabar adalah latihan angkatan laut trilateral yang melibatkan Amerika Serikat, Jepang dan India sebagai mitra tetap.

Awalnya, latihan tersebut merupakan latihan bilateral antara India dan Amerika Serikat, Jepang menjadi mitra tetap pada tahun 2015. Para peserta tidak tetap sebelumnya adalah Australia dan Singapura.


Seri tahunan Malabar dimulai pada tahun 1992 dan mencakup beragam kegiatan, mulai dari operasi tempur tempur dari kapal induk hingga Latihan Operasi Interdiksi Maritim (Maritime Interdiction Operations Exercises).

Baca Juga:  Kirim Senjata, Lima Kapal Rusia Merapat ke Filipina

Sumber : defpost.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan