Pesawat Patroli P-8A Poseidon Australia Sukses Tembakkan Rudal Harpoon

Memanfaatkan arena latihan bersama angakatan Laut, RIMPAC di Hawaii, Amerika Serikat. Australia menguji Pesawat patroli maritim, Boeing P-8A Poseidon, milik Angkatan Udara Australia (RAAF) untuk meluncurkan rudal ATM-84J Harpoon.

Sasaranya adalah kapal perang usang milik AmS, USS Racine. Pesawat P-8A menembakkn 2 rusal Harpoon dalam sesi Sinking Exercise (SINKEX) tersebut.

Dalam sesi tersebut, USS Racine (LST 1191) digempur menggunakan beragam rudal dari tiga platform (darat, udara, laut). Yaitu, rudal antikapal luncur darat milik AS dan Jepang, rudal Harpoon dari P-8A RAAF, dan rudal Torpedo Mk.84 dari kapal selam USS Olympia (SSN 717). Di posisi 102 km dari Pulau Kauai, Hawaii, USS Racine akhirnya tenggelam ke dasar lautan berkedalaman 4.600 meter.


Menyaksikan latihan penembakan tersebut, Menteri Pertahanan Australia Marise Payne menerangkan, P-8A Poseidon RAAF telah mencapai kapabilitas operasional penuhnya (full operational capability).

“Kesuksesan penembakan menggunakan rudal Harpoon ini merupakan jerih payah segenap personel spesialis,” ujar Payne.


Ia menambahkan, seluruh prajurit pria dan wanita dari Wing 92 RAAF patut berbangga dengan keberhasilan ini sebagai bukti suatu kemampuan yang penting.

Baca Juga:  India Tak Tertarik Dengan Pesawat Tempur F-35

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan