Pesawat Pengintai U-2S Amerika Jatuh

Sebuah pesawat mata-mata Lockheed U-2S milik AU Amerika Serikat dilaporkan jatuh di kota Sutter County, 2 pilot dilaporkan selamat. seperti dilansir oleh: sacramento.cbslocal.com.
Insiden terjadi sesaat setelah jet tempur tersebut take off sekitar jam 9 pagi pada hari Selasa 20/09/2016.

Pihak US Air Force telah mengkonfirmasi insiden ini dan menyatakan bahwa pilot dan co-pilot dalam pesawat selamat setelah sukses melontarkan diri.

Pesawat tersebut berasal dari markas Beale US Air Force dan sedang dalam misi latihan saat kejadian.


Pesawat seri U2 buatan Lockheed Martin adalah pesawat mata-mata di ketinggian tinggi, bermesin tunggal yang digunakan oleh US Air Force dan secara rahasia juga dipakai oleh CIA.

U-2S adalah upgrade dari U-2R yang diupdate dengan membawa “Synthetic-Aperture Radar” canggih yang mampu untuk menscan sejauh 35 mil ke dalam wilayah musuh, saat pesawat masih berada di wilayah udara internasional.


Pesawat ini melakukan misi pengintaian di ketinggian tinggi (70,000 kaki, lebih 21,000 m) pada waktu siang atau malam, dan dalam semua keadaan cuaca. Pesawat ini juga digunakan untuk penyelidikan dan mengesahkan data satelit.

Selama bertahun-tahun Amerika menggunakam U2 untuk mematai-matai musuhnya. Dunia tidak mengetahui tentang Pesawat U-2 hingga 1 Mei 1990 ketika sebuah U-2 yang diterbangkan oleh Francis Gary Powers ditembak oleh Uni Soviet.

Keberadaan pesawat ini susah di deteksi tapi diyakini, Amerika menggunakan U2 untuk mematai-matai Rusia, Korea Utara, Cina, Iran, dan Timur Tengah.

Baca Juga:  AU Thailand Rilis Detail Program Upgrade F-5 Tiger

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan