Pesawat Peringatan Dini SAAB Global Eye Kedua Terbang Perdana

Perusahaan Dirgantara asal Swedia SAAB memulai tahun 2019 dengan semangat tinggi, melaksanakan penerbangan perdana pesawat peringatan dini Global Eye kedua. Pesawat ini nampak masih menggunakan nomor registrasi sipil SE-RMZ, namun pesawat ini diketahui merupakan pesanan salah satu negara teluk.

Global Eye kedua tersebut lepas landas dari fasilitas SAAB di Linkoping pada 3 Januari 2019 pukul 11 pagi. Durasi penerbangan perdana tersebut berlangsung selama 2 jam 54 menit, diawaki oleh 2 pilot uji dan seorang teknisi penerbangan

Menurut kepala divisi bisnis intai udara SAAB Anders Carp, penerbangan perdana ini merupakan satu langkah maju bagi program Global Eye. Kontrak pertama untuk pesawat ini ditandatangani pada akhir 2015, dan penerbangan perdana sudah dilakukan pada Maret 2018, dan pesawat kedua hanya berselang 9 bulan kemudian.

Global Eye kedua ini merupakan pesawat pesanan Uni Emirat Arab, yang memesan total 3 Global Eye SRSS (Swing Role Surveillance Systems), yang bisa diubah konfigurasinya dari pesawat eksekutif ke pesawat peringatan dini.


Global Eye dikembangkan dengan berbasis Bombardier Global 6000 yang dipasangi radar Erieye ER dengan teknologi GaN (Gallium Nitride) dan juga radar maritim Leonardo Seaspray 7500E AESA untuk patroli maritim. Global Eye juga dilengkapi sistem elektro optik untuk pengintaian fotografik.


Sumber: UC Newc (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  India Pamerkan Generasi Terbaru Pesawat Latih Tempur HAWK

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan