Pesawat Pertama Sukhoi Su-35 Milik Indonesia Akan Datang Tahun 2018

Kedatangan pesawat Sukhoi Su-35 ke Indonesia semakin dekat. Tarik ukur proses pengadaanya memang berjalan agak ruwet walau hampir semua elemen pengambil kebijakan sudah sepakat. Keruwetanya ada pada sisi komponen pembiayaan dan paket bonus senjata dari Rusia.  Tapi di Awal Maret ini, Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu mengumumkan Moskow dan Jakarta akan menanda tangani kontrak untuk pengiriman 10 pesawat jet multirole fighter SU-35 menggantikan armada pesawat F-5 Tiger.

Surat kabar Izvestia Rusia melaporkan, bahwa pabrik Sukhoi sudah memproduksi 14 Su 35 pesanan AU Rusia dan beberapa pesawat SU-30 MK2 untuk Vietnam, serta retrofit  pesawat Su 27 di tahun 2015.

Sumber mengatakan bahwa, karena penuhnya pesanan dalam dan luar negeri, Indonesia kemungkinan baru  akan menerima 2 unit pesawat Su 35 pada tahun 2018. Pabrik pesawat telah menerima banyak pesanan dan tidak akan mempengaruhi antrian. Dalam lima tahun, pabrik menghasilkan 50 pesawat untuk Angkatan Udara Rusia, dan 24 untuk China kepada surat kabar.


Su-35S adalah pesawat generasi 4 ++ dengan satu tempat duduk, merupakan versi upgrade dari pesawat multirole Su-27 dengan fitur sebanding dengan pesawat generasi 5.

Hal ini ditandai dengan supermaneuverability dan dilengkapi dengan avionik baru, radar modern dan mesin canggih. Hal ini dapat mencapai trik yang luar biasa tanpa perlambatan dan dapat terbang pada kecepatan 2400 kmph, melampaui semua rival di kelasnya. pesawat perang ini dipersenjatai dengan senjata mesin kaliber 30mm, sejumlah rudal dan roket.

Baca Juga:  MiG-29SMT, Jagoan Udara Baru Rusia yang Mencicipi Perang Suriah

Pesawat ini diyakini lebih dari sekedar mampu dalam mengimbangi F-35 pesawat yang dikerjakan bersama oleh para anggota NATO.

4 Komentar

Tinggalkan Balasan