Pesawat R80 Akan Dirakit di Komplek Bandara Kertajati Jawa Barat

Geliat pesawat R80 makin mendekati produksi. Pesawat yang desainya diiniasiasi oleh mantan Presiden BJ Habibie ini telah memilih kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai tempat perakitanya oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Sedangkan beberapa komponen pesawat untuk R80 pun dipasok dari BUMN dirgantara, yaitu PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Hal ini disampaikan oleh Komisaris RAI Ilham Habibie di Perpustakaan Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

“Kita punya rencana buat perakitan finalnya di airport baru Jawa Barat Kertajati. Semuanya akan dirakit menjadi utuh di Kertajati ” tutur Ilham seperti dilansir detikfinance.com

Perakitan final di Kertajati dilakukan untuk mempermudah pesawat saat melakukan uji terbang. Sehingga setelah perakitan selesai seutuhnya bisa langsung dilakukan uji coba di tempat yang sama.


“Kalau sudah utuh dicat interior, dipasang, dicoba terbang. Jadi ada uji coba untuk tiap pesawat kemudian diserahkan,” kata Ilham.

Sampai saat ini, pembuatan pesawat R80 masih menunggu payung hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres). Dengan dikeluarkannya Perpres maka investor bisa mendapatkan kepastian untuk mendanai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kalau itu sudah jelas, investor yang kita hadapi, mereka baru mau tindak lanjut,” tutur Ilham.


Sumber: detikfinance.com

Baca Juga:  Kisah Pesawat F-5 Tiger Abadi di Museum

1 Komentar

Tinggalkan Balasan