Pesawat Tempur AU India Jatuh Lagi, Kali Ini MIG-23 dan Sebuah Helikopter

Sebuah pesawat latih tempur AU India (Indian Air Force) tipe MiG-23UB dengan kursi ganda dilaporkan jatuh di kota Jodhpur di negara bagian Rahasthan, ini adalah kecelakaan kedua yang terjadi dalam kurun waktu 48 jam yang menimpa armada terbang tempur milik AU India. Kedua awak dilaporkan selamat.

Pada hari selasa 04/07/2017, sebuah helikopter tempur milik AU India juga dilaporkan jatuh saat dalam proses evakuasi korban banjir. Helikopter jatuh saat diguyur hujan lebat di wilayah Arunachal Pradesh.

Laporan media defence-blog.com menyebutkan, bahwa reruntuhan bangkai helikopter telah ditemukan namun belum dikonfirmasi oleh AU India.

Pada bulan Mei, 2 pilot Sukhoi Su-30MKI milik AU India meninggal dunia saat pesawat tersebut jatuh di perbatasan Assam-Arrunachal Pradesh.

Mikoyan-Gurevich MiG-23 Flogger adalah sebuah pesawat tempur dengan sayap sweep-wing, dirancang oleh Biro Rancang Mikoyan Gurevich, Uni Soviet. Pesawat ini termasuk dalam kategori pesawat tempur generasi ke 3, yang seumuran seperti MiG-25 “Foxbat”.


MiG-23 merupakan percobaan pertama oleh Soviet untuk merancang radar look down/shoot down dan merupakan salah satu yang pertama kali dipersenjatai dengan rudal di luar jarak pandang, dan pesawat ini memiliki asupan udara (intake) di samping pipa bahan bakar.


Produksi dimulai pada tahun 1970 dan termasuk salah satu pesawat populer di dunia, total ada kurang lebih dari 5000 pesawat telah dibuat. Di beberapa negara, MiG-23 masih menjadi andalan seperti di India, Vietnam dan beberapa negara Timur Tengah.

Baca Juga:  Ilyushin Teruskan Pengembangan Pesawat Angkut Il-214 tanpa India
Salah satu kelebihan MiG 23 adalah sayap yang bisa terlipat

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan