Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon Spanyol Jatuh Usai Parade Hari Kemerdekaan

Sebuah pesawat tempur jenis Eurofighter Typhoon AU Spanyol jatuh, di Madrid, Kamis (12/10/2017).

Kecelakaan terjadi setelah pesawat itu ambil bagian dalam parade peringatan hari kemerdekaan Spanyol.

Pilot jet Eurofighter yang jatuh, setelah ambil bagian dalam pertunjukan militer dalam rangka hari kemerdekaan Spanyol di Madrid, Kamis (12/10/2017), dipastikan meninggal dunia.

“Akibat kecelakaan itu, pilot pesawat yang jatuh saat menjelang pendaratan dipastikan meninggal dunia,” demikian pernyataan tertulis Kementerian Pertahanan Spanyol yang dikutip AFP.

Disebutkan, kecelakaan terjadi ketika jetEurofighter hendak mendarat di pangkalan militer di Albacete, 300 kilometer tenggara Madrid.

Kepala Staf Kementerian Pertahanan mengkonfirmasi kematian pilot tersebut.

“Beristirahatlah dengan tenang kawan. Terima kasih telah membantu kami merayakan hari kemerdekaan. Kami tidak akan melupakanmu.”

Demikian kalimat yang ditulis kepala staf itu dengan menempelkan gambar bendera Spanyol berpita hitam di lina masa akun Twitter-nya.

Jet Eurofighter Typhoon Spanyol terakhir kali jatuh pada bulan Juni 2014 di landasan pacu pangkalan angkatan udara Moron di dekat Sevilla. Kecelakaan itu pun membunuh pilotnya.

Hari Kemerdekaan Spanyol adalah peringatan saat Christopher Columbus pertama kali tiba di Amerika Serikat pada tahun 1492.

Peringatan tahun ini jatuh di tengah krisis politik terbesar Spanyol dalam satu dekade terakhir.


Pemimpin separatis Catalonia mengancam untuk memecahkan diri menjadi negara baru.


Sementara itu, sebuah parade militer berlangsung di Madrid, dengan jet tempur, pesawat militer, dan helikopter membuat beberapa formasi di udara. (kompas.com)

Baca Juga:  Rusia Sukses Ujicoba Rudal Antar Benua Topol
Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan