Pesawat Tempur F-16 Block 30 AU Yunani Diupgrade Jadi F-16 Viper

Di tengah belitan krisisi ekonomi, Pemerintah Yunani pada Sabtu (28/4/2018) mengumumkan akan meningkatkan armada pesawat tempur mereka. Sebanyak 85 jet tempur F-16 buatan AS akan ditingkatkan menjadi F-16 Viper.

Melansir dari AFP, rencana peningkatan armada pesawat tempur ini telah direncanakan selama enam bulan sebelumnya, namun akhirnya tertunda lantaran kekhawatiran biaya.

Namun Sabtu (28/4/2018), dalam pertemuan darurat yang digelar Dewan Pemerintah Urusan Luar Negeri dan Pertahanan yang dipimpin Perdana Menteri Alexis Tsipras akhirnya menyetujui proposal tersebut.

“Dengan suara bulat dewan telah menyetujui pelaksanaan program peningkatan untuk 85 unit pesawat,” kata kantor perdana menteri dalam pernyataan resminya.

Menteri Pertahanan Yunani, Panos Kammenos mengatakan pesawat jet yang akan ditingkatkan yakni F-16 buatan AS yang akan di-upgrade menjadi F-16 Viper.

Untuk tahap awal hanya akan ditingkatkan 85 unit pesawat dari total 150 unit F-16 yang dimiliki Yunani.

Tidak diterangkan berapa rincian biaya yang dibutuhkan maupun waktu pengiriman dari program yang dijalankan.

Sebelumnya pada Oktober 2017, usai kunjungan Tsipras ke Washington, Athena mengumumkan rencana peningkatan armada jet tempurnya.


Namun rencana itu menuai kritikan lantaran anggaran yang dibutuhkan sangat besar untuk program berjangka 10 tahun. Tsipras melihat peningkatan armada udaranya sudah cukup mendesak untuk dilakukan. Menurutnya beberapa pesawat tempurnya telah berusia hampir 30 tahun dan berisiko tak dapat beroperasi.

Baca Juga:  Teknologi Militer China Lebih Maju Dari Amerika Serikat

Awal April lalu, seorang pilot pesawat tempur Yunani tewas setelah pesawat jet jenis Mirage 2000-5 buatan Perancis yang diterbangkannya jatuh ke laut usai menjalankan misi pencegatan. (kompas.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan