Pesawat Tempur F-5 Milik Taiwan Jatuh

Seorang pilot Angkatan Udara Taiwan meninggal dunia setelah jet tempur F-5E yang diterbangkannya jatuh karena sebab yang masih belum diketahui di lepas pantai timur Taiwan Kamis pagi (29/10).

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, kontrol darat kehilangan kontak dengan jet tempur F-5E tersebut saat sedang berlatih di lepas pantai Taitung. Kementerian Pertahanan menyatakan bahwa pilot berhasil eject dari pesawat jet sebelum benturan dan segera diselamatkan.

Pilot yang diidentifikasi sebagai Kapten Chu Kuan-meng, mengalami serangan jantung dan dilarikan ke Rumah Sakit Memorial Mackay untuk perawatan. Namun, dokter tidak dapat menyadarkannya, dan ia secara resmi dinyatakan meninggal pada pukul 9:27 pagi, lapor CNA.

Kementerian Pertahanan menyatakan bahwa ketika Chu menyadari ada masalah serius dengan pesawatnya, dia mencoba untuk menerbangkan pesawat menjauh dari pemukiman terdekat untuk menghindari korban sipil. Menurut pihak militer, Chu lahir pada tahun 1991, lulus di Akademi Angkatan Udara angkatan 2013, dan telah mengumpulkan 700 jam waktu terbang.

F-5E AU Taiwan adalah produksi bersama pada tahun 1973 antara Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC) dan Northrop Corporation di mana 242 unit F-5 tersebut masing-masing dilengkapi dengan dua mesin J58-GE-21A. Pesawat pertama dikirim ke Angkatan Udara Taiwan pada tahun 1974, dan pesawat tersebut masih digunakan untuk pelatihan hingga saat ini.

Baca Juga:  Penjualan Senjata Israel Fantastis, Indonesia Ikutan Borong

Sumber : taiwannews.com.tw/via TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan