Pesawat Tempur Lanud Roesmin Nurjadin “Force Down” Pesawat Asing

Dari pantauan radar di wilayah Kosekhanudnas III, didapatkan informasi tentang adanya lasa X atau pesawat yang tidak dikenal melintasi wilayah udara NKRI. Atas dasar informasi tersebut seluruh jajaran Lanud Rsn diperintahkan bersiaga.

Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin segera mengudara untuk melakukan identifikasi, dan setelah dipastikan bahwa pesawat tersebut melakukan pelanggaran maka  dilakukan “force down” terhadap pesawat tersebut.

Hal ini harus dilakukan karena pesawat tersebut tidak mengindahkan himbauan untuk segera meninggalkan wilayah udara Indonesia yang telah mereka langgar ketika sudah diidentifikasi oleh pesawat F-16.


Dari hasil interogasi sementara, diketahui pesawat tersebut berjenis pesawat intai dari negara Musang dengan crew berjumlah tujuh orang. Untuk selanjutnya, baik pesawat maupun crew akan berada di Lanud Rsn untuk dilakukan proses penyelidikan berikutnya.


Ini bukanlah kejadian nyata, tetapi merupakan skenario dari Latihan force down yang merupakan bagian dari seluruh rangkaian Latihan “Bido Gesit 2017”, Selasa (2/5).

Baca Juga:  Apa Jadinya Papua Tanpa NKRI?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan