Pesawat Tempur MiG-29M Mesir Jatuh

Sebuah jet tempur MiG-29M Mesir jatuh saat menjalani latihan pada hari Sabtu (03/11), yang disebut oleh Angkatan Udara negara itu sebagai akibat “permasalahan teknis pada sistem kontrol.”

MiG-29M buatan Rusia adalah MiG-29 generasi terbaru dan merpakan bagian dari sejumlah pesawat yang dikirim ke Kairo pada awal tahun ini. Pilot berhasil melontarkan diri dan selamat, kata Reuters mengutip pernyataan militer Mesir.

“Kami memiliki informasi operasi tentang kecelakaan MiG-29M Angkatan Udara Mesir tersebut. Teknisi kami akan pergi ke Mesir segera untuk membantu penyelidikan insiden itu,” kata pihak pabrikan MiG-29, United Aircraft Corporation, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Rusia Ria Novosti.


Selain itu, surat kabar Rusia Kommersant melaporkan bahwa penyebab insiden itu kemungkinan disebabkan oleh masalah teknis (kegagalan sistem kontrol) atau kesalahan pilot. Investigasi atas insiden itu akan dilakukan oleh Komisi Khusus Angkatan Udara Mesir, katanya.


Pesawat MiG-29M adalah bagian dari kontrak sebanyak 46 pesawat yang ditandatangani antara Moskow dan Kairo pada tahun 2014. MiG-29M adalah versi modern dari MiG-29 basic yang memiliki peningkatan sistem kontrol, perbaikan air intake dan desain sistem pengereman dan set persenjataan yang lebih beragam. MiG-29M Mesir dilengkapi sistem IRST terbaru OLS-UE yang mampu menampilkan gambar TV dan IR ke kokpit dan dilengkapi dengan laser rangefinder, tidak seperti IRST pada pesawat MiG-29 terdahulu yang hanya dapat menampilkan gambar IR.

Baca Juga:  Presiden Duterte Minta Indonesia 'Ledakkan' Bajak Laut di Perairan ASEAN

Sumber : defenseworld.net, en.wikipedia.org, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan