Pesawat Tempur TNI AU Latihan Navigasi di Sumbar

TNI Angkatan Udara (AU) menggelar latihan navigasi di Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus patroli rutin di wilayah pesisir Barat provinsi itu.
“Latihan yang digelar Skuadron Udara 16 Tempur (Skadud 16) yang bermarkas di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan melintasi wilayah Sumbar,” kata Danlanud Sutan Sjahrir Padang, Kolonel Pnb Eko Sujatmiko.

Menurut dia, latihan tersebut terdiri dari empat pesawat tempur jenis F-16 yang dimiliki Skadud16 yang melintasi langit Sumbar dan berputar kembali ke Pekanbaru.

Selain itu dalam latihan gabungan tersebut juga diikuti oleh empat jet tempur jenis Hawk-200 dari Skuadron Udara 12 (Skadud12) Panther Hitam Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.


Latihan tersebut dilakukan sejak Kamis pagi, mereka melintasi langit Kota Padang dan wilayah Sumbar kemudian kembali mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin.
“Mereka tidak mendarat di Lanud Sutan Sjahrir Padang atau Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman,” ujar dia.


Menurutnya latihan seperti ini sering dilakukan selain untuk pemetaan wilayah juga bertujuan menjaga keamanan di wilayah pantai Barat Pulau Sumatera.

“Lanud kita juga sering kedatangan pesawat latihan seperti Hercules dan lainnya sebagai bentuk dukungan terhadap Pangkalan Udara tipe A Lanud Pekanbaru,” katanya dalam rilis.id

Baca Juga:  Inggris Tawarkan Kerjasama Pembangunan Kapal Fregate dan Sistem Pertahanan Pantai

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan