Pesawat Tempur Tornado Arab Saudi Ditembak Jatuh Pemberontak Houthi

Sebuah  jet tempur Panavia Tornado milik Angkatan Udara Arab Saudi dilaporkan ditembak jatuh dengan rudal panggul oleh pembenrontak Houthi di Provinsi Saada Yaman, laporan tersebut dirilis oleh Business Insider dan Al Masdar (8/1)

Media pro Houthi, Al-Massirah mengatakan bahwa si Tornado ditembak jatuh setelah melancarkan pemboman di atas wilayah perumahan.

Namun berita tersebut disangkal oleh kantor berita resmi Arab Saudi SPA, yang dalam keterabgan persnya menyatakan bahwa pesawat tempurnya memang jatuh di Yaman, namun hal tersebut disebabkan oleh kerusakan teknis.


Tornado yang ditembak jatuh memiliki dua awak, pilot dan kopilot. Keduanya menyelamatkan diri dengan kursi lontar, lalu dijemput oleh militer Arab Saudi dengan operasi khusus.


Panavia Tornado milik Arab Saudi merupakan salah satu varian dari Tornado yang paling canggih, karena Kerajaan Arab Saudi secara kontinyu meningkatkan kemampuannya. 8 unit dari armada Tornado Saudi memiliki kemampuan untuk menembakkan rudal taktis Storm Shadow dan juga rudal anti tank Brimstone, serta kemampuan untuk menjatuhkan bom berpemandu laser Paveway IV.

Baca Juga:  Tembak Mati Wanita Paramedis Adalah Hal Biasa Bagi Sniper Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan