Pesawat Tempur Typhoon Milik AU Inggris Hampir Menembak Pesawat Sipil

Insiden pencegatan salah sasaran kembali diulangi oleh pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik AU Inggris. Ini adalah kejadian yang ke-3 sepanjang 2017.

Menurut berita yang dilansir BBC, Kali ini yang hampir menjadi salah adalah sebuah pesawat kargo Saab 340 yang dioperasikan oleh salah satu perusahaan kargo di Rumania. Pesawat tersebut terbang dari Bucharest, Rumania.

Saat memasuki wilayah udara Inggris, pengatur lalu lintas penerbangan di wilayah Birmingham, Inggris tidak dapat berkomunikasi dengan kru pesawat. Karena tak dapat memastikan jenisnya pihak pengawas melaporkan pada AU Inggris.

Sesuai prosedur, AU Inggris langsung mengaktifkan ‘Quick Reaction Alert’ dan menerbangkan dua unit Typhoon dari pangkalan Coningsby di Lincolnshire.


Bahkan AU Inggris juga meminta pesawat tanker A330 Voyager terbang dan bersiaga jika sewaktu-waktu Typhoon harus mengisi bahan bakar di udara.


“Kami bisa menjelaskan, satu unit Saab 340 yang berisi tiga kru terbang dari Bucharest menuju Birmingham telah mengalami masalah komunikasi. Sesuai prosedur operasi, pesawat militer dikerahkan untuk mengawal pesawat itu hingga mendarat di bandara Birmingham,” ujar salah seorang juru bicara Bandara Internasional Birmingham, Selasa (7/3/2017).

Menurut data Departemen Pertahanan Inggris, AU Inggris cukup sering mengaktifkan ‘Quick Reaction Alert’ sebagai tanda adanya penerbangan tanpa identitas.

Advertisements
Baca Juga:  Pesawat Tempur AU India Berlatih Mendarat di Jalan Tol

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan