Pesawat Tua F-5 Thailand Dipersenjatai Rudal IRIS

Saat Indonesia dan Singapura memilih untuk memensiunkan pesawat interceptor legendaris Northrop F-5 Tiger. Thailand justru memperpanjang usia pesawat ini, setelah melakukan upgrade mesin, kini juga dilengkapi rudal IRIS-T.

Thailand awalnya memiliki 40 ekor F-5. 10 sudah dipensiunkan dan diganti dengan Pesawat Gripen. Sedangkan 30 unit masih aktif digunakan setelah diupgrade melalui porgram Trigris dan diperkirakan masih layak terbang sampai 2030.

Angkatan Udara Kerajaan Thailand akan mempersenjatai pesawat tempur Northrop F-5 mereka dengan rudal jarak pendek udara-ke-udara IRIS-T, menyusul penandatanganan pesanan ulang dengan pabrikan Jerman, Diehl Defense.


Memperhatikan bahwa Bangkok sebelumnya telah memperoleh senjata berpemandu inframerah tersebut untuk pesawat tempur Saab Gripen dan juga armada Lockheed Martin F-16 mereka, Diehl Defense mencatat: “Rencana pengadaan baru adalah untuk mengintegrasikan rudal tersebut ke F-5, menjadikan IRIS-T persenjataan standar bagi Angkatan Udara Kerajaan Thailand.”

Pesanan Thailand terbaru ini merupakan integrasi pertama IRIS-T dengan platform F-5 yang sudah tua. Senjata ini saat ini beroperasi pada pesawat tempur F-16, Gripen, Boeing F/A-18, Eurofighter Typhoon dan Panavia Tornado untuk negara-negara mitra Jerman, Yunani, Italia, Norwegia, Spanyol dan Swedia, ditambah Thailand dan tambahan pelanggan ekspor Austria, Arab Saudi dan Afrika Selatan, kata Diehl Defense.


Sumber : flightglobal.com, TSM Angga Saja

Baca Juga:  Komplotan Abu Sayyaf Penculik Kapal WNI Tewas Disergap Militer Malaysia

Tinggalkan Balasan