Pesawat Ukraina Jatuh Ditembak Rudal Tor-M1 Iran

Pesawat Boeing 737-800 Ukraina Airlines PS 752 yang terbang dari Bandara Teheran menuju Kiev jatuh setelah meledak di udara. 170 penumpang pesawat tersebut tewas semuanya.

Teka-teki penyebab jatuhnya akhir terjawab sudah. Pesawat tersebut hancur lebur setelah dihajar rudal 9M331 dari sistem pertahanan udara Tor-M1 jarak pendek milik Garda Revolusi Iran di Teheran.

Ini menunjukkan bobroknya komando dan hati nurani militer Iran. Dalam aksi militer korban sipil harus dihindari di dalam area-nya sendiri. Sebelum meluncurkan serangan udara, harusnya ada peringatan larangan terbang baginpesawat sipil dari bandara di wilayah sendiri sebelum dan sesudah serangan.

Tapi militer Iran tidak, mereka terlalu pengecut dan penakut.

Pengecut, karena mereka tidak mengeluarkan early warning saat serangan dilancarkan pada penerbangan sipil di bandara sipil miliknya sendiri, Ali Khomeini Airports. Jika ada early warning serangan rudal udara ke darat pasti banyak penerbangan menunda keberangkatan.

Penakut, saat memulai serangan, Iran langsung mengaktifkan semua pertahanan udara. Padahal saat itu tidak ada satu kekuatan Amerika Serikat di Timur Tengah yang bisa langsung menyerang Iran sesaat setelah serangan. Toh yang diserang Iran cuma pangkalan militer kecil yang selama ini fokus ngejar ISIS.

Iran sampai saat ini tidak mau menyerahkan black box pesawat ke penyidik.

Iran memang memiliki 29 unit sistem rudal Tor M1 yang dibeli dari Rusia pada tahun 2005 seharga 700 juta USD.

Baca Juga:  Su-57 Kembali Lancarkan Serangan Ke Markas Pemberontak Suriah

Tor M1 (SA 15 Gauntlet) adalah sistem hanud jarak pendek yang mampu beroperasi di segala cuaca, didesain sebagai pengganti Sistem hanud Osa (SA 8 Gecko) merupakan sistem hanud yang kompak yang menggabungkan radar dan sistem peluncur dalam satu platform buatan Metrowagonmash Rusia sehingga sistem hanud ini dapat bergerak secara mandiri.

Untuk rudal sistem hanud Tor menggunakan rudal 9M330 yang dapat meluncur dengan kecepatan hingga mach 2,8. Untuk mengarahkan ke sasarannya 9M330 harus dibantu dengan radar kendaraan pembawanya oleh karena itu jika sasaran sudah tidak terdeteksi oleh radar maka rudal akan menjadi “buta”. Secara umum sistem hanud Tor dapat mendeteksi sasaran pada jarak lebih dari 12 Km dengan ketinggian minimum 6.000 meter

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Bukti Rudal Tor-M1 Yang Menghajar Pesawat Ukraina 752 – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan