Phlox Meriam Howitzer 120MM Yang Lebih Mobile

Phlox adalah salah satu senjata utama asal Rusia yang dinantikan launchingnya di arena Army Forum 2016. Meriam Howitzer 120mm swa gerak di atas truk ini diklaim lebih canggih dibanding produk pesaing sejenisnya. Phlox diproduksi oleh Uralvagonzavod Corp, Rusia.

Laras Meriam 120mm, howitzer dan mortir semua dalam satu sistem. Digendong diatas truk Ural-4320 dengan kabin lapis baja.

Pembuatnya mengklaim bahwa Phlox bisa menembakkan 10 mortir per menit dengan jangkauan 7KM. Bisa juga ditingkatkan menjadi 13KM tapi hanya 8 mortir per menitnya. Akurasinya diklaim 100 meter dari sasaran target.

Keunggulan utamanya diklaim sebagai meriam yang mobile, kuat dan dapat diandalkan sebagai artileri medan.
“Kami berhasil memasang meriam di atas roda yang bisa bergerak cepat,” kata desainer-insinyur Denis Kirishev Sputnik.

phlox_1


“Phlox bisa membawa 80 amunisi yang berarti tak perlu membawa truk tambahan untuk mengangkut amunisi. Instalasi-nya cuma butuh waktu 30 detik saja dari saat tiba di lokasi sampai siap menembak. Jika ada gangguan listrik juga ada cadanganya,” tambahnya

Untuk operasionalnya, 1 unit Phlox butuh 4 personel terdiri dari Komandan, sopir, penembak dan loader. Kabin truk diklaim mampu menahan tembakan peluru 7,65mm. Sebagai perlindungan, di atas kabin senapan otomatis yang digerakkan remot kaliber 7.65mm.

phlox

Plox kabarnya juga memiliki sistem jammer elektro optik Shtora yang mengganggu rudal antitank dan pengukur jarak laser dan designators sasaran.

Baca Juga:  Patria Nemo Finlandia, Kapal Mortar Penantang Tank Boad Buatan Pindad

phlox_2

 

Tinggalkan Balasan