Pilot Inggris Diizinkan Menembak Pesawat Rusia Di Suriah

Pilot jet tempur Angkatan Udara Inggris diizinkan untuk menembak pesawat tempur Rusia saat melakukan misi terbang di Suriah dan Iran jika mereka merasa terancam.

“Dianjurkan bagi para pilot Inggris untuk menghindari situasi yang bisa memicu perang di udara. Mereka harus menghindari wilayah aktivitas Rusia. Namun jika pilot ditembak atau ia percaya akan ditembak, ia bisa membela diri,” kata sebuah sumber di Militer Inggris dilansir The Sunday Times.

Jet tempur Tornado milik Inggris akan dipersenjatai dengan roket pencari panas AIM-132. Roket ini memiliki jangkauan yang lebih panjang dari roket lainnya, sehingga pilot angkatan udara Inggris bisa menembak jatuh pesawat musuh tanpa harus melihat target.

“Sampai sekarang, jet Tornado telah dilengkapi dengan 500lb bom yang dipandu via satelit yang tidak mempunyai atau hanya sedikit menimbulkan ancaman perang di udara. Tapi pada minggu-minggu terakhir situasi telah berubah. Kita perlu menanggapinya dengan sesuai,” ujar sebuah sumber di Departemen Pertahan Inggris.

Namun, sumber lain mengatakan bahwa situasi semakin parah. “Kami perlu melindungi pilot kami tapi pada saat yang sama kami mengambil langkah lebih dekat dengan perang. Hanya perlu menembak jatuh satu pesawat dalam perang di udara maka seluruh lanskap akan berubah,” katanya.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan