Pilot Jet Tempur Tercantik Dari China, Tewas Tersambar Pesawat

Pilot Yu Xu. Foto: Weibo

Salah satu wanita paling populer di China yang berprofesi sebagai prajurit penerbang, Yu Xu tewas dalam latihan terbang akrobatik. Seperti diberitakan harian setempat, Senin (14/11).

Yu Xu, 30 tahun, menarik perhatian warga China karena dirinya adalah 1 dari 4 prajurit perempuan yang menjadi pilot, parasnya sangat rupawan dan sempat menjadi viral di weibo. Dirinya sempat digelari pilot pesawat tempur tercantik di dunia. Dia adalah salah satu anggota The Chinese Air Force’s “August 1st” Aerobatic Display Team.

Menurut siaran pers PLA (TNI-nya China) Yu Xu melontarkan diri dari pesawat di tengah sesi latihan yang berlangsung di Provinsi Hebei akhir pekan lalu. Diduga pesawatnya mengalami gangguan mesin. Saat melontarkan diri, tubuhnya tersambar sayap pesawat tempur lainnya, dan terbunuh.


“Sebagai satu dari empat penerbang tempur wanita yang dimiliki negeri ini, kepergiannya menjadi kehilangan yang luar biasa bagi tim Angkatan Udara China,” demikian ditulis di harian tersebut.


Yu berasal dari Chongzhou di Provinsi Sichuan. Dia bergabung dengan Angkatan Udara dari Tentara Pembebasan Rakyat China (The People’s Liberation Army/PLA) pada 2005. Dia dilantik setelah mengikuti masa latihan selama empat tahun.

Selanjutnya, Yu menjadi satu dari 16 wanita pertama China yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi penerbang pesawat tempur. Pada Juli 2012, dia menjadi penerbang wanita pertama untuk pesawat tempur buatan China, J-10.

Baca Juga:  Raja Salman Mundur, Putra Mahkota Naik Tahta Arab Saudi

Yu pun menjadi satu dari dua anggota wanita yang berada di tim “the August 1st”. Nama tim itu diambil dari tanggal berdirinya PLA. Kala itu dia tampil pertama kali dalam Premier Pameran Dirgantara China di Zhuhai, dua tahun lalu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan