Pilot Pesawat Tempur US Navy Pelukis Burung di Udara Dihukum Berat

Pilot US Navy (AL-nya Amerika) yang sempat menghebohkan dunia karena melukis alat kelamin pria di langit Washington akhirnya dipensiunkan dari terbang, aka. digrounded sementara.
Lukisan alat kelamin pria di langit Okanogan, Washington, itu menjadi viral di dunia maya jadi sensasi internet yang tidak ada habisnya. US Navy sendiri sebelumnya sudah minta maaf pada publik secara terbuka atas kelakuan anggotanya itu.

Pesawat yang digunakan juga gak main-main, Pesawat tempur EA-18G Growler yang merupakan pesawat tempur khusus untuk perang elektronika itu bermarkas di Pangkalan Udara AL AS Whidbey Island dan berasal dari skadron 130th Electronic Attack Squadron.

Juru Bicara NAS Whidbey Island telah memberikan keterangan pers bahwa si pelaku pilot tersebut telah diberi sanksi berat untuk sementara dilarang terbang.


EA-18G Growler sendiri adalah pesawat tempur canggih yang didesain untuk melakukan peperangan elektronika, membuka jalan bagi pesawat tempur serang dan pembom dalam misi SEAD (Supression of Enemy Air Defence). Merekalah yang harus bertarung melawan berbagai situs pertahanan udara, dari kanon sampai rudal, dan menghancurkannya sebelum mampu meluncurkan senjata untuk menembak jatuh flight penyerang.


AL AS memangkalkan 57 EA-18G yang dibelinya, seluruhnya di Whidbey Island setelah memensiunkan EA-6 Prowler, sebelum kemudian memesan tambahan 58 unit EA-18G sehingga total pesawat tempur elektronik ini ada 114 unit. Dengan basis dari F/A-18E/F, EA-18G memiliki tenaga dan kelincahan untuk tidak hanya sekedar menyediakan kemampuan pengacakan radar lawan, tetapi juga melaksanakan misi serang jika memang terpaksa

Baca Juga:  Thailand Pamerkan Rudal Arhanud Buatan China

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan