PL-10 Amunisi Rudal Ringan Terbaru Bagi Jet Tempur China

The Shanghai Academy of Science and Technology (SAST) akhirnya secara resmi mengenalkan rudal ringan jarak pendek terbaru udara ke udara, PL-10 di acara China International Aviation & Aerospace Exhibition di Kota Zhuhai 56 kilometer arah barat dari Hong Kong.

Rudal ini diberi sandi NATO dengan nama “Thunderbolt”, dikembangkan SAST dengan sistem pemburu panas dari jet tempur musuh yang menjadi sasaran dengan jangkauan mencapai 20 KM. Untuk versi ekspor akan diberi nama PL10-E  sedangkan versi lokal diberi label PL-10 WVRAAM.

Terlihat mungil. foto: bestchinanews
Terlihat mungil. foto: bestchinanews

PL-10 dikembangkan sejak tahun 2012 dan penampakan pertama prototypenya pada tahun 2013. Diameternya 160mm, panjangnya 296mm dengan berat 105KG. Rudal ini adalah versi jarak pendek dari PL-15 yang dalam beberapa simulasi tempur udara oleh US-AF (AU Amerika) sangat susah untuk dihindari pesawat sekelas F-35 sekalipun.


Belum diketahui apakah kecanggihan PL-15 bakal diturunkan pada PL-10 yang memiliki jangkauan lebih pendek ini. Di China rudal ini rencana akan dipasangkan pada jet tempur J-11s dan jet tempur siluman milik China J-20. Adapun produsenya mengklaim bahwa rudal ini bisa digendong semua jenis pesawat. (bestchinanews)

Saat dipasang pada Chengdu J20. foto: bestchinanews
Saat dipasang pada Chengdu J20. foto: bestchinanews
Baca Juga:  Presiden Amerika Sebut Jika Opsi Militer Ke Korea Utara Telah Terisi dan Tekunci

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan