Polandia Borong Ribuan PPZR ‘Piorun’ MANPADS Seri Terbaru

Inspektorat Persenjataan Polandia telah menandatangani kontrak dengan Mesko (bagian dari PGZ, Polish Armaments Group) dengan nilai 932,2 juta PLN atau 232,7 juta dolar AS untuk memborong ribuan PPZR ‘Piorun’ MANPADS (man-portable air defence system) seri terbaru buatan Grom-M (Grom Modernizowany).

Kontrak tersebut akan berlangsung pada tahun ini hingga 2022 untuk menyediakan 1.300 peluncur dan rudal PPZR ‘Piorun’ MANPADS seri terbaru; 420 FCU (Fire Control Unit), GR-D day Sights; serta CPT-1 sights.

Gelombang awal yang terdiri dari 150 Piorun MANPADS dan 40 FCU dijadwalkan akan diserahkan ke Angkatan Bersenjata Polandia pada akhir tahun 2017. Berikutnya pengiriman akan ditingkatkan tiap tahunnya. Produksi final akan menyiapkan 250 rudal dan 80 FCU pada 2019 hingga 2022.

Kontrak juga menyediakan untuk produksi 100 rudal Piorun tambahan sebagai tes kualifikasi dan penerimaan setiap gelombang rudal yang datang.

Program Grom-M telah dimulai sejak 2006. Pada Oktober 2010 Kementerian Pertahanan Polandia menandatangani Kontrak Pengembangan dan Penelitian Formal senilai 100 juta PLN dengan konsorsium yang dipimpin Mesko (terdiri dari CRW Telesystem-Mesko, WSK PZL-Warszawa II, Bumar Group (sekarang PGZ) dan Universitas Teknologi Militer) untuk memodernisasi sistem Grom, berdasarkan program perancangan ‘Piorun’.

Sumber : IHS Jane/Angkasa.

Baca Juga:  Data Drone MQ-9 Reaper AU Amerika Dihack

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan