Polandia Pensiunkan Mig-29 dan Sukhoi Su-22 Langsung Diserbu Tawaran Pesawat Baru

Pemerintah Polandia menerbitkan proposal Harpia yang di dalamnya rencana untuk mencari pesawat pengganti MiG-29 dan su-22 yang akan pensiun. Proposal tersebut disambut antusias oleh pabrikan pesawat tempur, seperti dilansir Flight Global (11/9).

Target AU Polandia sendiri adalah mengganti seluruh MiG-29A dan juga Su-22 Fitter miliknya, setelah satu jet tempur MiG-29nya mengalami kecelakaan fatal yang menewaskan pilotnya.

Sejumlah pabrikan seperti Boeing sudah mempersiapkan jet tempur F-15 Eagle dan F/A-18 Super Hornet sebagai kandidat potensial, termasuk varian khusus EA-18G Growler untuk kebutuhan itu.

Konsorsium Eurofighter sudah tentu mendorong Typhoon sebagai solusi dengan iming-iming transfer teknologi dan pembangunan industri dalam negeri Polandia dan kustomisasi perangkat elektronik yang bisa dipasang sesuai kebutuhan.

Lockheed Martin sendiri siap menawarkan F-16 Block 70/72, atau bahkan F-35 jika Polandia tertarik. Bahkan jika F-16C/D Block 52+ Polandia hendak diupgrade, Lockheed pun siap mengerjakannya.


Pemerintah Polandia sendiri sebenarnya belum mendetilkan total kebutuhan dan kemampuan yang diinginkan, termasuk target waktu penyerahan, namun tak menghalangi pabrikan untuk berlomba-lomba menghadirkan gacoannya.


Sumber: UC News / Aryo Nugroho.

Baca Juga:  China Bangun 7 Pangkalan Militer di Laut China Selatan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan