Poltekad TNI Berhasil Ciptakan Roket Rol Ex70 Untuk MLRS Dengan Jangkauan Hingga 20KM

Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) kembali membuat inovasi dengan berhasil membuat Roket Latih Experiment Kaliber 70 mm (Rol Ex-70). Ini adalah hasil sebuah penelitian terapan yang dilakukan oleh Poltekad sejak 2014.

Poltekad yang merupakan Eselon Pelaksana di tingkat Kodiklat TNI AD juga ingin memperkuat alutsista pertahanan negara Indonesia dengan kemandirian di bidang senjata strategis. Dengan harapan di masa yang datang pemenuhan alutsista roket tidak lagi tergantung dari luar negeri, melainkan sepenuhnya terpenuhi dari dalam negeri.

Roket Latih Experiment Kaliber 70 mm (Rol Ex-70) memiliki kaliber 70 mm dengan menggunakan bahan bakar padat komposit (composite propellant), memiliki kemampuan jarak tembak 7-8 km. Sedangkan untuk Rol-Ex 70 Prototipe 2 bisa menjangkau target dengan jarak mencapai 15-20 km.

Perkembangan roket tersebut sudah mencapai tahap peluncuran secara salvo/kontinyu menggunakan multilaras atau yang dikenal dengan Multiple Launch Rocket System (MLRS) yang artinya beberapa unit roket ditembakkan secara beruntun.

Pada tahap uji coba ini penembakan roket menggunakan 8 peluncur dengan tujuan mengetahui intensitas penembakan/Rate Of Fire (ROF), yang nantinya pengembangan dan penggunaan roket ini untuk Satuan Artileri Medan TNI AD.

Riset Roket ini memiliki tujuan untuk menguasai teknologi sistem propulsi roket, mulai dari penentuan komposisi, proses manufaktur, hingga aplikasi untuk Rol-Ex kaliber 70 mm.

Riset roket ini merupakan penelitian yang kompleks, mulai dari penentuan bahan kimia, desain, manufaktur, hingga material.

Baca Juga:  Diupgrade Ukraina, Tank PT-76 Milik Marinir TNI AL Akan Dilengkapi Rudal Anti Tank

Untuk selanjutnya bakal dilakukan tahap sertifikasi guna memperoleh sertifikat kelaikan sebelum diproduksi massal bagi kebutuhan di Angkatan Darat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan